Atraksi Drumband Akmil Pukau Warga Yogyakarta

YOGYAKARTA – Sejumlah 202 taruna tingkat tiga Akademi Militer (Akmil) Magelang yang tergabung dalam Drumband Canka Lokananta menyuguhkan atraksi menarik bagi warga Yogyakarta, Minggu (22/3) sore. Atraksi dalam rangkaian pameran Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) TNI tersebut mampu memukau masyarakat Yogyakarta yang menyaksikan.

Warga tampak berdesakan di pinggir jalan saat pawai dimulai dari batas Kota Yogyakarat menuju lokasi pameran alutsista di Jogja City Mall (JCM). Warga tampak antusias menyaksikan atraksi yang jarang mereka lihat tersebut. Bahkan banyak yang rela berdesakan mengikuti rombongan drumband hingga JCM.

Agus (35) warga Sleman mengaku sengaja datang untuk menyaksikan atraksi para taruna akmil tersebut. Ia tak datang sendirian, karena mengajak serta anak dan istrinya.

“Lumayan liburan akhir pekan. Lagi pula kan jarang atraksi taruna akmil di sini,” ucapnya.

Selama rute pawai, drumband Canka Lokananta memainkan 11 lagu termasuk di antaranya lagu nostalgia milik grup band Kla Project, Jogjakarta. Lagu ini, bahkan disiapkan khusus sejak sepekan lalu hanya untuk tampil atas undangan Komando Resor 072/Pamungkas (Korem 072/Pmk).

Komandan Batalyon taruna madya Akmil, Mayor Inf Amrul Huda mengatakan, seluruh taruna yang tampil kali ini adalah generasi baru yang baru intensif berlatih selama enam bulan terakhir. Mereka menggantikan generasi lama yang sukses mencetak berbagai prestasi.

“Kita biasanya tampil atas perintah dari atasan. Sebelum ini kita tampil di Magelang, dan berikutnya kita akan tampil di Wonosari, Gunungkidul dalam pembukaan latihan bersama. Target kami semuanya bisa menguasai alat musik karena ini bagian dari ekstrakurikuler,” terangnya dalam keterangan resmi Penrem 072/Pmk yang diterima jogjakartanews.com, Senin (23/02/2015).

Ke-202 taruna memainkan 10 jenis alat musik. Genderang dimainkan 36 orang, tenor 24 orang, bass drum 18 orang, belira 24, terompet 30, suling 18, clarinet 12, lalu alber 24, bas horn 6 orang, serta king horn 6 orang. Mereka dipimpin satu penata rama dan wakilnya.

Komandan Korem 072 Pamungkas Brigjen TNI MS Fadhillah mengatakan, drumband Akmil sengaja didatangkan untuk menghibur dan memeriahkan pameran alutsista di JCM. Kegiatan ini sekaligus untuk menarik minat dan kecintaan masyarakat terhadap TNI khususnya angkatan darat.

“Karena itu selain pameran dan pawai drmband kami juga menyiapkan stand informasi pendaftaran masuk TNI baik tamtama, bintara, maupun perwira. Stand Akmil juga ada, jadi masyarakat bisa melihat-lihat dan bertanya langsung ada yang ada di pameran,” katanya.(pr/penrem 072)

Redaktur: Rudi F

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com