LKMI Periksa Kesehatan Ratusan Anak Jalanan Korban Banjir di Rawabadak

JAKARTA – Salah satu wilayah terdampak banjir Ibu Kota adalah kawasan Rawabadak Selatan, Jakarta Utara. Daerah tersebut merupakan langganan banjir yang selalu terjadi hampir setiap tahunnya, tidak terkecuali di awal tahun ini.

Pasca banjir, banyak warga yang mengeluh menderita berbagai penyakit, seperti batuk, pilek, dan gatal-gatal, terutama pada keluarga anak-anak jalanan yang tak bertempat tinggal.

Terpanggil untuk meringankan beban sesamanya tersebut, Lembaga Kesehatan Mahasiswa Islam Himpunan Mahasiswa Islam (LKMI HMI) bersama dengan Sahabat Anak menggelar bhakti sosial untuk memberikan edukasi dan pemeriksaan kesehatan gratis kepada keluarga anak jalanan di Rawa Badak, Minggu (22/02/15), kemarin.

“Karena kondisi mereka yang telah menjadi langganan banjir setiap tahun. Masyarakat dirasa perlu memahami apa saja yang mesti mereka persiapkan untuk dapat tetap menjaga kesehatannya walaupun sering menderita banjir,” kata Koordinator Tim Baksos LKMI HMI, Nurdiansyah dalam keterangan pers yang diterima jogjakartanews.com, Senin (23/02/2015).

Menurut Nurdiansyah, sedikitnya 100 orang yang diperiksa oleh tim medis dari LKMI HMI. Masyarakat Rawa Badak yang sebagian besar hidup di jalanan tersebut sangat senang karena dapat berinteraksi langsung bersama para tenaga kesehatan dan relawan dari Sahabat Anak.

Nurdiansyah berharap, para tenaga kesehatan yang ingin menjadi relawan dan turun ke masyarakat sebaiknya tidak hanya melakukan pemeriksaan kesehatan saat paska bencana. Hal yang paling penting, kata dia, adalah mengajarkan masyarakat untuk dapat hidup bersih dan sehat serta menjaga dirinya, sehingga dapat terhindar dari berbagai penyakit saat bencana terjadi.

“Perilaku hidup bersih dan sehat merupakan suatu hal yang mutlak dilakukan oleh masyarakat bila ingin terhindar dari berbagai macam penyakit. Oleh karena itu, masyarakat perlu disadarkan tentang pentingnya PHBS ini,” ujar Nurdiansyah.    

Sementara Direktur Badan Koordinasi Nasional Lembaga Kesehatan Mahasiswa Islam Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (Bakornas LKMI PB HMI), Dr. Ardiansyah Bahar, mengaku senang bisa melakukan pemeriksaan kesehatan kepada anak jalanan, komunitas yang sering terlupakan di tengah gencarnya pembangunan kota-kota besar.

“Anak jalanan adalah komunitas terpinggirkan yang mesti mendapat perhatian lebih dari berbagai pihak. Banyak diantara mereka yang tidak bisa mendapatkan akses pelayanan kesehatan seperti anak sebayanya yang berasal dari keluarga mampu. Jangankan tempat tinggal dan kartu identitas yang jelas, bahkan banyak diantara mereka yang tidak mengetahui siapa orang tua mereka sebenarnya. Ini tentu menyusahkan mereka untuk mendapatkan akses jaminan kesehatan,” tutur Ardiansyah.

“Kami sangat berterima kasih kepada teman-teman dari Sahabat Anak yang telah memperkenalkan kami kepada para anak jalanan ini. Sesuai arahan dari Ketua Umum kami, Drg. Muh. Arief Rosyid, bulan ini memang merupakan bulan bakti dari HMI yang baru saja menyelenggarakan dies natalis yang ke-68. Kami sebagai lembaga pengembangan profesi di tubuh HMI yang bergerak di bidang kesehatan, diharapkan dapat memberi kontribusi yang positif kepada masyarakat,” imbuhnya.

Selain dari Sahabat Anak dan Bakornas LKMI PB HMI, relawan yang turun juga terdiri dari LKMI HMI Cabang Ciputat dan Cabang Palembang, beserta volunter-volunter lainnya. (pr/lkmi)

Redaktur: Aristianto Zamzami

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.