BNP2TKI Bertekad Gebrak Perlindungan TKI dengan Nawa Cita

JAKARTA – BNP2TKI bertekad melakukan gebrakan dalam melindungi hak dan keselamatan warga Negara Indonesia di luar negeri, khususnya pekerja migran melalui 9 (Sembilan) visi misinya atau agenda besar yang disebut NAWA CITA.

Hal tersebut disampaikan kepala BNP2TKI, Nusron Wahid sebagai langkah menghadirkan Negara terhadap TKI, dalam acara pertemuan silaturahim Kepala BNP2TKI dengan seluruh pegawai BNP2TKI yang dilaksanakan di ruang auditorium BNP2TKI, Senin (09/03/2015) bertema “Membangun Komitmen Bersama Mencapai Kinerja Terbaik dan Citra Positif Sebagai Lembaga Pelayanan Publik”
 
Kepala BNP2TKI dalam menjalankan visi dan misi Presiden, membuat 9 (sembilan) program yang salah satu diantaranya melakukan reformasi tata kelola penempatan TKI.

Nusron mengatakan bahwa selama ini ada yang kurang pas dalam proses perekrutan TKI, yang selama ini terjadi adalah mendahulukan Job Order/Letter of Demand/Wakalah dulu, baru setelah itu merekrut orang dan dididik, seolah-olah kejar setoran, padahal seharusnya menyiapkan dulu kompetensi/skill Calon TKI tersebut. Ada atau tidak ada Job Order, seharusnya pendidikan harus tetap hidup di BLK-BLK di daerah.
 
“Sejumlah 80.000 orang lulus dari Balai Latihan Kerja (BLK) yang ada di Indonesia setiap tahunnya, dan sebanyak 120.000 orang lulus dari lembaga kursus per tahunnya dan ditempatkan untuk bekerja baik didalam maupun di luar negeri. Padahal tahun 2014 saja telah ditempatkan sebanyak 429.000 TKI di luar negeri. Disini BLK terkesan kejar tayang. Oleh karena itu, peran BLK di daerah harus diperkuat dibawah Ditjen Binalatas” ujar Nusron Wahid.
 
Kedepannya, Nusron ingin lakukan migrasi pegawai untuk mengisi fungsi perlindungan pada kantor-kantor (unit pelayanan teknis) di daerah, hal ini perlu dilakukan untuk memberikan percepatan dan optimalisasi pelayanan

Acara yang berlangsung tepat di 100 hari kepemimpinannya dan dihadiri oleh jajaran pejabat eselon I, II, III, IV beserta staf di lingkungan BNP2TKI. (Why)

Redaktur: (Yudi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.