Jelang Ramadhan, Harga Komoditas di Pasar Giwangan Sudah Mulai Naik

YOGYAKARTA – Masalah klasik seputar kenaikan harga-harga komoditas menjelang bulan suci Ramadhan kembali harus dihadapi oleh rakyat. Harga-harga kemoditas seperti ayam, cabe, kubis dan lain-lain mulai merangkak naik. Hal itu seperti terjadi di Pasar Giwangan Yogyakarta.

Pantauan Jogjakartanews.com pada hari Senin (11/05/2015) di Pasar Giwangan harga Cabe Rawit sudah mulai naik dari yang sebelumnya Rp20.000 per kilogram menjadi Rp24.000 perkilogram. Harga ayam dari yang semula Rp26.000 per kilogram naik menjadi Rp27.000 perkilogram. Begitu juga dengan harga Kubis, dari yang semula Rp5.000 per kilogram naik menjadi Rp6.000 per kilogram.

“Sudah mulai naik semua, kemungkinan masih akan naik terus,” kata salah seorang pedagang Ayam di Pasar Giwangan, Umbulharjo, Yogyakarta, Paino (40).

Menurut perkiraannya, kenaikan harga tidak terlepas dari faktor menjelang bulan suci Ramadhan. “Biasanya karena mau bulan puasa, biasanya juga begitu,” pungkasnya.

Hal yang senada juga diungkap salah seorang pedagang sayuran, Sumarni (45). Menurutnya, harga cabe dan sayuran akan terus naik menjelang bulan Ramadhan. “Ini biasanya memang akan naik terus. Kalau kemaren kan naik turun. Tapi ini dah mau bulan puasa, biasanya naik terus,” pungkasnya.

Namun begitu, harga beras di pasar tersebut masih terbilang stabil dan belum terpengaruh menjelang bulan suci Ramadhan. “Tapi sih biasanya naik juga tar,” kata pedagang lainnya, Mina (50). (Ning)

Redaktur: Rudi F

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *