Sultan Tegaskan Tak Ada Stuktur Dewan Saudara di Kraton

YOGYAKARTA – Sebagai kelanjutan dari polemik Sabda Raja Sri Sultan HB X, belakangan muncul istilah Dewan Saudara di kalangan para ‘rayi dalem’ (adik-adik Sultan) yang rencananya akan membuat musyarawah keluarga menyikapi polemik yang terjadi di internal Kraton Yogyakarta. Namun, Sultan menepis adanya struktur Dewan Saudara di Kraton, sebab selama ini tak ada istilah Dewan Saudara dalam struktur internal kraton.

“Kraton kok Dewan Saudara, logikane piye?. Selama ini gak pernah ada struktur organisasi (Dewan Saudara).” tegas Sultan, Jum’at (22/05/2015). Kalaupun ada forum di internal Kraton yang melibatkan ‘rayi dalem’ menurut Sultan hal itu tak lebih dari sebatas musyawarah keluarga.

Ia juga mengatakan penganggatan dirinya saat naik tahta pada tanggal 07 Maret 1989 bukan merupakan hasil dari musyawarah keluarga. Kalaupun ada musyawarah keluarga saat itu hanyalah sebagai bentuk penghormatan atas saudara-saudara yang lain, dan itupun bukan karena Dewan Saudara melainkan murni forum keluarga internal Kraton. (Sya)

Redaktur: Herman Wahyudi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.