Rossi Yang Selalu Naik Podium

BARCELONA – Jorge Lorenzo memang berhasil jadi juara dalam GP Catalunya 2015 yang diselenggarakan di sirkuit Barcelona, Spanyol, Minggu (14/06/2015). Tapi, pembelap movistar Yamaha, Valentino Rossi juga layak diacungi jempol. Meski selalu memulai balapan dari posisi yang kurang bagus, Rossi nyatanya selalu berhasil naik podium. Di GP Cataluna, pembalap veteran tersebut menguntit di belakang Lorenzo dengan jarak 1,3 detik saja sehingga berhak atas podium kedua.

Berbeda dari pertandingan-pertandingan sebelumnya yang cendrung harus bersusah payah bagi Rossi untuk merangkak naik ke posisi tiga besar. Balapan di catalunya bisa dikatakan relatif mudah untuknya. Jatuhnya Marc Marques pada putaran keenam membuat Rossi langsung tancap gas dan mengunci posisi dua di belakang Lorenzo. Ditambah, pesaing terdekat Rossi yang selama ini selalu memberikan perlawanan sengit, Andrea Dovisiozo juga ikut terjatuh di lap berikutnya sehingga praktis membuat Rossi semakin nyaman di posisi ke dua.

Wal hasil, hingga lap usai Rossi sukses mengunci posisi kedua. Posisinya di klasemen masih belum terbendung meski sudah sangat tipis dengan urutan kedua, Lorenzo yang hanya terpaut satu poin saja. Dengan konsistensi Lorenzo yang berhasil menyabet podium satu dalam empat seri GP terakhir, posisi Rossi jelas tak aman lagi. Posisi dua di balapan berikutnya tentu tak akan lagi cukup untuk mempertahankan posisinya di klasemen.

Terlebih bila Lorenzo kembali sukses finis di depannya. Namun pembalap asal Italia itu tentu tak akan menyererah begitu saja. Dengan pengalaman-pengalaman dan kehebatan-kehebatan yang dia tunjukkan dalam beberapa seri moto GP terakhir, Rossi mungkin hanya perlu pole atau setidak-tidaknya memulai start balapan dari posisi tiga teratas sehingga bisa memperoleh hasil yang lebih baik. (Rudi)

Redaktur: Syarifuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.