Jalan Lurus Tak Harus Melaju Terus, Istirahat yang Cukup untuk Jaga Keselamatan

JAKARTA – Anda yang berencana untuk mudik dengan menggunakan kendaraan sendiri sebaiknya selalu memperhatikan keselamatan berada di jalan raya. Meski anda melewati jalan lurus dan mulus tak berarti harus selalu jalan terus karena hal itu bisa mengurangi tenaga dan konsentrasi anda karena istrihat menjadi berkurang. Dan itu, meningkatkan resiko kecelakaan di jalan raya.

Hal itu sebagaimana yang terjadi dalam beberapa hari belakangan di Jl Tol Cikopo-Paliman (Cipali). Kecelakaan-demi kecelakaan di Jl Tol yang baru diresmikan dan diklaim sebagai terpanjang di Indonesia itu terjadi akibat kurangnya pengendara meluangkan waktu untuk sekadar istrihat. Jalan tol yang lurus serta mulus membuat pengendara kerap menjadi terburu-buru. Disamping itu, khusus untuk kasus kecelakaan yang terjadi di Tol Cipali kurangnya rambu-rambu juga menjadi masalah yang mesti segera diatasi.

“Nanti ya kita akan tambahkan informasi disini ada rest area. Jangan jalan terus kalau menganntuk,” Ujar Direktur Jenderal Bina Marga, Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) Hediyanto W. Husaini, dalam diskusi dengan tema Mengurai Keruwetan Arus Mudik, di Jakarta, Sabtu (20/06/2015).

Lebih lanjut ia juga mengomentari kecelakaan yang terjadi di Tol Cipali 90 persen dari arah Surabaya-Jakarta. Dalam hasil interview kecelakaan pada korban terjadi  karena kurangnya istirahat. “Mereka biasanya berhenti untuk istirahat tapi jalan terus, mungkin disitu istirahat berkurang,” pungkasnya. (Sya)

Redaktur: Rudi F

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.