Semangat Kepahlawanan Sumber Motivasi Mengatasi Tantangan Bangsa

YOGYAKARTA – Seluruh Prajurit TNI dan PNS Korem 072/Pamungkas dan Jajarannya menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan tahun 2015 di lapangan apel Makorem, Selasa (10/11/2015). Upacara tersebut dipimpin Kepala Staf Korem 072/Pmk Kolonel Inf Arkamelvi Karmani, S.E.

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kasrem, Menteri Sosial (Mensos), Khofifah Indar Parawansa mengatakan Peringatan Hari Pahlawan memiliki makna penting bagi bangsa Indonesia.

“Ini merupakan tonggak sejarah yang telah mencatat bahwa perjuangan untuk mendirikan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) yang saat ini menjadi bangsa yang berdaulat dan terhormat adalah bukan hadiah atau pemberian dari pihak manapun,” tutur Kasrem.

Dijelaskan dalam sambutan Mensos,  kemerdekaan bangsa Indonesia melalui proses perjuangan yang sangat panjang, heroik, dan disertai dengan pengorbanan yang luar biasa dari para pejuang dan para pahlawan pendahulu. Makna peringatan Hari Pahlawan bukan hanya sekadar ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, tapi sekaligus sebagai refleksi terhadap keyakinan jati diri bangsa yang bermartabat diinspirasi oleh para pejuang yang telah gugur di medan laga.

“Hal ini mengingatkan kembali kepada semua  dan   bagi   generasi  muda   khususnya sebagai penerus cita-cita agar nilai-nilai kejuangan yang telah dibangun tidak boleh dilupakan sampai kapanpun,”tandasnya.

Saat ini, menurut Mensos, modal sosial yang harus diperkuat adalah menjaga jati diri sebagai bangsa yang hebat untuk membangun negeri yang lebih kuat, kokoh, dan harmonis, di dalam bingkai NKRI.

“Semangat kepahlawanan dan kejuangan yang direpresentasikan dalam bentuk cinta tanah air, pantang menyerah, peduli dan berbagi, serta toleransi harus menjadi sumber motivasi untuk mengatasi berbagai tantangan dalam menyelesaikan semua masalah yang dihadapi diwaktu kini dan mendatang,” imbuhnya.

Selain Upacara bendera rangkaian peringatan Hari Pahlawan ini juga di selenggarakan kegiatan Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS) dan juga Ziarah Nasional yang di laksanakan setelah upacara berlangsung. (pr/penrem)

Redaktur: Rizal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.