Upacara Hari Pahlawan di Berbagai Tempat Libatkan Taruna AAL

SURABAYA –  Beberapa lokasi upacara peringatan hari pahlawan di Surabaya, melibatkan taruna Akademi Angkatan Laut (AAL), Selasa (10/11/2015).  Diantaranya di Tugu Pahlawan Jalan Pahlawan Surabaya, di Taman Makam Pahlawan (TMP) 10 November Jalan Mayjen Sungkono Surabaya, di lapangan Arafuru AAL Bumimoro Surabaya  dan di KRI Ki Hajar Dewantara-364 dan KRI Teluk Banten-516.

Upacara peringatan Hari Pahlawan ke-70 di Tugu Pahlawan dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo sekaligus  bertindak sebagai Inspektur Upacara . Pada kesempatan tersebut, juga hadir Ibu Negara Ny. Iriana Joko Widodo, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL) Mayjen TNI (Mar) Guntur IC Lelono, S.E., Wagub AAL Laksma TNI Deddy M. Pribadi, S.H., M.A.P., serta sejumlah pejabat lainnya.

Pasukan upacara berasal dari berbagai kesatuan militer, antara lain Taruna AAL sebanyak 103 orang bersama pasukan lainnya dari TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara, dan Polri, serta organisasi kepemudaan seperti Pemuda Pancasila, FKPPI, Karang Taruna, dan Pramuka. Hadir juga ribuan pelajar dari berbagai sekolah di Surabaya dan sekitarnya.

Terpisah, Sebanyak 31 Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) terlibat sebagai pasukan upacara pada Ziarah Nasional dan Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) 10 November Jl. Mayjen Sungkono Surabaya. Kegiatan tabur bunga ini merupakan rangkaian memeringati Hari Pahlawan tahun 2015.

Kegiatan diawali dengan upacara dimulai pada pukul 08.00 WIB dan dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga di Tugu Makam Pahlawan oleh Wakil Ketua  DPRD Provinsi Jawa Timur yang bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Sementara  Taruna AAL angkatan ke-61 yang sedang melaksanakan latihan dan praktek Jala Yudha tahun 2015 juga mengikuti upacara pada peringatan Hari Pahlawan di KRI Ki Hajar Dewantara-364 dan KRI Teluk Banten-516 yang sedang berlayar di perairan Kendari menuju Ambon.

Selain mengerahkan taruna sebagai pasukan upacara di berbagai lokasi, AAL juga melaksanakan upacara peringatan Hari Pahlawan ke-70 di lapangan Arafuru AAL Bumimoro, Surabaya dengan Irup Kadeplek Kolonel Laut (E) Mukhlis, S.T., M.M. Upacara peringatan Hari Pahlawan di AAL ini diikuti Seklem AAL  Kolonel Laut (P) Soetrisno Sandi Asmara, S.T., bersama para pejabat utama AAL lainnya, sementara pasukan upacara adalah seluruh anggota AAL baik militer maupun Pegawai Negeri Sipil. 

Upacara ini berlangsung khidmat yang diawali penaikan bendera Sang Merah Putih, kemudian pembacaan teks Pancasila, Pembukaan Undang Undang Dasar 1945,  mengheningkan cipta, dan amanat Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa.  Dalam amanat tertulis yang dibacakan oleh Irup antara lain mengatakan, peringatan Hari Pahlawan dapat dijadikan sebagai cermin atau refleksi tentang pengorbanan, keteladanan, dan keteguhan untuk menggapai harapan masa depan dengan terus bekerja dan bekerja dalam rangka mewujudkan masyarakat adil dan sejahtera sebagai cita-cita perjuangan bangsa yang termuat dalam sila kelima Pancasila.

 “Peringatan Hari Pahlawan juga sebagai momentum untuk menumbuhkembangkan nilai-nilai persatuan, kepahlawanan, keperintisan, dan kesetiakawanan sosial. Oleh karena itu, nilai kepahlawanan sejatinya tidak akan pernah usang atau lekang dimakan jaman karena pada setiap waktu dapat diimplementasikan dan direvitalisasi dari generasi ke generasi sepanjang masa sesuai perkembangan jaman,” kata Mensos dalam sambutan tertulisnya. (pr/AAL*)

*Sumber: Pers rilis resmi Penerangan AAL

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.