1000 Santri Bela Negara Tiba di Dermaga Koarmatim

SURABAYA – KRI Banda Aceh-593 yang membawa 1000 santri peserta pelayaran bela negara tiba di Dermaga Ujung, Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim), Surabaya, Senin (23/11/2015). Kedatangan kapal yang di komandani oleh Letkol Laut (P) Edy Haryanto tersebut disambut oleh Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur Laksamana Muda TNI Darwanto, S.H., M.AP. serta Wakil Gubernur Jawa Timur H. Saefulah Yusuf. Para santri diterima dalam suatu upacara militer dengan Inspektur Upacara Pangkoarmatim Laksda TNI Darwanto, S.H., M.AP.

Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangkoarmatim) dalam sambutannya, menyampaikan bahwa sebagai generasi muda harapan bangsa, para santri harus terus memelihara dan meneguhkan komitmennya terhadap perjuangan para pahlawan serta kecintaannya terhadap tanah air.

“Perjuangan bangsa telah melahirkan kemerdekaan karena pejuang-pejuang besar negeri ini lahir dari andilnya para ulama dan santri. Untuk itu kegiatan pelayaran laut dengan KRI Banda Aceh-593 ini sebagai bagian dari upaya memperkuat wawasan nusantara, wawasan kemaritiman nasional, dan memperkuat perspektif tentang potensi kelautan Indonesia serta pertahanan Negara,” katanya sebagaimana dikutip dalam pers rilis resmi Dispen Kolinlamil.

Kegiatan ini, kata Pangkoarmatim, juga bertujuan untuk mewujudkan kemanunggalan antara TNI dengan Santri, pelajar, pemuda, mahasiswa dan komunitas islam nusantara dalam komitmen untuk membela dan mempertahankan kemerdekaan serta kedaulatan negara Republik Indonesia.

Usai diterima Pangkoarmatim, para santri langsung menuju gedung Panti Armada Koarmatim dan mendapat pembekalan dari Pemilik Media Grup Jawa Pos Dahlan Iskan yang mantan menteri BUMN. Dalam kesempatan tersebut Dahlan menyampaikan materi seputar pentingnya para santri mengikuti perkembangan teknologi komunikasi khususnya media massa. Usai pembekalan para santri melanjutkan kegiatan lainnya di seputar Mako Koarmatim.

Sekadar Informasi,  KRI Banda Aceh 593 yang membawa para santri adalah kapal buatan dalam negeri, diproduksi oleh PT PAL (persero) pada 2011 lalu.

“Ini adalah salah satu kapal kebanggaan kita karena produksi negeri sendiri. Dan kini, yang merupakan kapal pertama yang membawa 1000 santri dan pemuda dalam rangka kegiatan pelayaran santri bela negara,” jelas Komandan KRI Banda Aceh 593, Letnan Kolonel Laut (P) Edi Haryanto. (pr*)

Redaktur: Rizal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.