Pemerintah Hongaria Jajagi Kerjasama Dengan Pemda DIY

YOGYAKARTA –  Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X,  menerima kunjungan kerja Ketua Komisi Luar Negeri Hongaria, Z Soh Nemeta, di Gedung Wiliis Kepatihan (kantor Gubernur), Senin (11/01/2016). Kunjungan tersebut bertujuan untuk penjajagan diadakannya hubungan kerja sama antara Pemerintah Hongaria dengan Indonesia, khususnya Pemda DIY.

Menurut Nemeta ke depan diharapkan akan ada beberapa kesepakatan yang akan ditandatangani antara kedua negara, dibidang infrastruktur dan pendidikan.

“Infrastruktur menjadi sangat penting bagi Indonesia, dan Hongaria ingin ikut serta berpatisipasi dalam pengembangan infrastruktur air di Inonesia. Selain itu Hongaria akan memberikan bea siswa sebanyak 50 orang mahasiswa dan dosen Indonesia untuk belajar di Hongaria,” ungkapnya sebagaimana dikutip dari pers rilis Humas Pemda DIY.

Nemeta menilai Yogyakarta merupakan kota pendidikan terkemuka di Indonesia, maka diharapkan Yogyakarta mempunyai peran yang besar dalam menyerap bea siswa untuk belajar di negara tersebut.  

Hubungan antara Hungaria dan Indonesia, kata Nemeta, sebelumnya telah berkembang secara intensif. Nemeta menginformasikan, dalam waktu dekat Perdana Menteri Hongaria akan mengunjungi Yogyakarta.

Sementara, Sri Sultan HB X menyambut baik rencana kerjasama Hungaria dengan DIY. Menurut rencana Gubernur DIY akan mengadakan kunjungan balasan ke Hongaria pada September mendatang. Turut mendapingi Sri Sultan dalam kesempatan, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda DIY dan Ketua BKPM DIY.

“Harapannya kerjasama akan menguntungkan kedua negara,” tutur Sultan (pr*/hum)

Redaktur: Rizal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.