Usai Upacara Kenkat 18 Perwira Kolinlamil Ceburkan Diri Kelaut

JAKARTA – Sebanyak 18 perwira jajaran Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) yang menerima Kenaikan Pangkat (Kenkat) satu tingkat menceburkan diri ke laut depan dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (01/04/2016). Hal itu dilakukan selain sebagai bentuk rasa syukur, juga mengingatkan mereka bahwa naik pangkat itu bentuk penghargaan yang harus ditempuh dengan perjuangan.

“Ini kita lakukan sebagai tradisi bagi TNI Angkatan Laut, dimana air sebagai tempat kehidupannya. Selain juga sebagai cerminan bahwa sebagai perwira TNI AL di mana dalam memperoleh satu pangkat lebih tinggi dari sebelumnya, dengan berbagai perjuangan dilaut, tidak mudah,” ungkap Panglima Kolinlamil Laksda TNI Aan Kurnia, S.Sos., yang memimpin langsung ritual cebur laut atas kenaikan pangkat para perwira dibawah jajarannya.

Pangkolinlamil menjelaskan, sebelum menceburkan diri, para perwira penerima kenaikan pangkat dibariskan di pinggir pantai, disaksikan seluruh pejabat utama jajaran Kolinlamil. Selain itu, kata dia, acara kenaikan pangkat di laut untuk memotivasi para anggotanya, agar selalu berjuang dengan karya nyata guna mencapai suatu hal yang maksimal.

“Saya ceburkan para perwira yang naik pangkat dikolam laut dermaga Kolinlamil agar mereka terkenang dan tercatat dalam kehidupan mereka. Saya ingin catatan itu menjadi sejarah bagi mereka sebagai perwira TNI AL” tegas Pangkolinlamil mengakhiri.

Sekadar informasi, dermaga Kolinlamil sebagai salah satu dermaga yang sering digunakan sebagai tempat bersandarnya kapal-kapal perang dikawasan barat, merupakan dermaga yang juga sering dijadikan tempat berkegiatan bagi protokoler kenegaraan. (pr*/kll)

Redaktur: Rudi F

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.