Tim Penilai Lomba PKK dan KB Kesetahan Tingkat Nasional, Puji BKB Dhuri

SLEMAN – Tim monitoring dan penilaian lomba Kesatuan Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Keluarga Berencana(KB) Kesetahan Tigkat Nasional mengaku terkesan dengan kegiatan Tim Penggerak PKK Dukuh Dhuri, Desa Tirtomartani, Kecamatan Kalasan,  Kabupaten Sleman.  Sebab Tim Penggerak PKK Dukuh Dhuri mampu berperan aktif dalam menggerakkan Bina Keluarga Balita (BKB) holistik integratif.

“Di sini (Dukuh Dhuri) ada kegiatan BKB (Bina Keluarga Balita) holistik dan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) yang integratif yang sangat bagus. Saya melihat pelayanan dan anak-anaknya juga sudah bagus. Tadi anak-anak Paud sudah  perform (Pentas) dari drumb band, pentas simulasi permaianan anak-anak dan yang lainnya,”  kata Ketua TIM penilai lomba Kesatuan Penggerak PKK KB Kesehatan Tingkat Nasional, Sutriningsih, S.Sos, MM saat meninjau langsung kegiatan Tim Penggerak PKK Desa Tirtomartani di Dukuh Dhuri, Selasa (05/04/2016), siang.

Saat menyambut tim Penilai lomba Kesatuan Penggerak PKK KB Kesehatan Tingkat Nasional, tim penggerak PKK Dukuh Dhuri melibatkan seluruh komponen binaannya, yaitu Satuan PAUD Sejenis (SPS) Harapan Bunda, Posyandu Teratai, BKB, dan Kelompok Lansia Dhuri.  

Dalam monitoring hari ini, tim yang terdiri dari BKKBN, Penggerak PKK Pusat, dan Kementrian kesehatan melakukan kunjungan ke Puskesmas Kecamatan Kalasan, dimana didapatkan laporan bahwa warga di Kecamatan Kalasan  84% adalah peserta KB Aktif. Kunjungan berikutnya ke Dusun Glondong, Desa Tirtomartani, di mana Penggerak PKK mengembangkan Tanaman Obat Keluarga (Toga) dan bank sampah sebagai kegiatan ekonomi produktif.  

Dijelaskan Sutriningsih, Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan merupakan suatu rangkaian kegiatan keterpaduan dalam rangka menyambut hari keluarga nasional yang jatuh pada tanggal  29 juni, kemudian hari kesehatan nasional (HKN) pada tanggal 12 November, dan hari kesatuan gerak PKK yang diperingati pada tangal 27 November.

Adapun catatan kegiatan yang dilombakan dan dinilai dalam kegiatan tersebut adalah pencapaian kegiatan selam kurun waktu tahun 2015 dan selama 3 bulan kegiatan kesatuan gerak PKK yang dilakukan mulai Oktober hingga Desember 2015.

“Pemerintah Kabupaten Sleman sangat luar biasa dalam pembangunan kependudukan dan KB. Kerja keras sudah diupayakan, selanjutnya mengerahkan segala doa semoga Tim Penggerak PKK Desa Tirtomartani ini meraih Pakarti Utama 1 (juara 1 Nasional). Amin,” harapnya. (fin)

Redaktur: Rudi F

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.