Wapres: Inovasi Pemda Harus Berorientasi Sejahterakan Rakyat

KULONPROGO– Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) mendorong daerah-daerah untuk melakukan inovasi. Menurutnya, Otonomi Daerah bersifat Dinamis,  sehingga masih memerlukan banyak penyesuian-penyesuaian dengan karakter daerah.

“Tetapi motivasi dan makna dari otonomi daerah tidak boleh keluar dari  aturan dan Undang-undang, tidak boleh keluar dari rel,” kata JK pada Puncak Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) XX di Alun-Alun Wates, Kabupaten Kulonprogo, DIY Senin (25/04/2016).

Dikatakan JK, tujuan utama Otda adalah untuk mensejahterakan rakyat. Sehingga, kata dia, apapun inovasi yang dilakukan Pemerintah daerah harus mermuara pada tujuan meningkatkatkan kesejahteraan rakyat,

“Karena makna otonomi daerah sendiri adalah sistem atau cara pemerintah  untuk mensejahterakan rakyat,” tegasnya. 

Sementara itu Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam sambutan acara yang sama  mengatakan, dengan di keluarkannya Undang-undang yang baru yaitu UU Nomor 23 tahumn 2015 akan semakin memperkuat Implementasi atau pelaksdanaan Otonomi daerah. Ditandaskan Sri Sultan, keberhasilan otionomi daerah menuntut adanya inovasi-inovasi.

“Untuk meningkatkan daya saing di daerah perlu inovasi,  khusunya inovasi di dalam pelayanan masyarakat seperti pelayanan perizinan terpadu sdatu atap misalnya,” tutur Sri Sultan.

Usai memberikan penghargaan kepada daerah-daerah berprestasi di bidang pemerintahan, Wapres meninjau beberapa stand pameran  beberapa daerah di Indonesia yang  mnenampilkan potensi unggulan UMKM. Kabupaten Kulonprogo yang meraih Parasamya Purnakarya Nugraha (penghargaan terbaik) tiga kali berturut-turut, memamerkan hasil UMKM unggulan diantaranya produk Air mineral ‘Airku’, batik Geblek Renteng, jam dari kayu yang  oleh wakil Presiden di berinama JKW nya.

Rangkaian Peringatan Otonomi daerah di Kulonprogo dilanjutkan malam ini dengan pagelaran Wayang Kulit.(kt1/hms)

Redaktur: Rudi F

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com