Sukseskan Program Swasembada Pangan, Prajurit Ini Turun ke Sawah

YOGYAKARTA – Kiprah prajurit Tentara Nasional Indonesia  Angkatan Darat (TNI AD) dalam mewujudkan  program pemerintah, yaitu swasembada pangan terus ditunjukkan. Salah satunya seperti yang dilakukan  Babinsa Koramil 06/Mergangsan Kodim 0734/Yogyakarta, Serma Paiman. Dengan masih mengenakan seragam prajurit, Serma Paiman terjun ke sawah membantu petani merawat tanaman padi di wilayah kelurahan Keparakan Kecamatan Mergangsan Kota Yogyakarta, belum lama ini.

“Kami melakukan pendampingan  petani dalam rangka mensukseskan program pemerintah swasembada pangan salah satunya membantu petani melaksanakan membersihkan rumput disela- sela tanaman padi dengan cara manual di area tanaman padi jenis IR 64 yang baru beumur padi 18 hari ini,” ujarnya, Kamis (23/06/2016).

Dijelaskan Serma Paiman, pembersihan rumput tersebut dilakukan di sawah seluas 200 meter persegi, milik Karso Sentono, warga kelurahan Keparakan Kecamatan Mergangsan Kota Yogyakarta. Menurutnya, rumput yang tumbuh liar disebabkan karena setelah dipupuk pertama kalinya ketika padi berumur 10 hari.

“Biasanya pemupukan pertama itu akan diikuti tumbuhnya rumput di sela sela padi. Oleh karena itu agar padi tidak terganggu pertumbuhannya, rumput tersebut harus dibersihkan, setelah bersih maka akan dilakukan pemupukan kedua saat padi berumur 21 hari,” tukas prajurit yang dekat dengan petani ini.

Serma Paiman berharap dengan bantuan pembersihan rumput tersebut, tanaman padi dapat tumbuh dengan subur tanpa ada gangguan dari tanaman lain,

“Dengan demikian hasil panen nantinya bisa memuaskan,” ujar Paiman.

Sementara Karso Sentono mengaku sangat terbantu oleh Serma Paiman. Ia tak menyangka kalau tentara Kodim 0734 tersebut paham dengan pertanian padi.

“Saya sangat berterimakasih kepada Serma Paiman. Saya kira Tentara itu hanya pandai berperang, ternyata sangat mengerti petani dan dunia pertanian,” ujarnya. (pr*/dim)

Redaktur: Rudi F

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.