Peringati Tragedi G 30 S, Prajurit Kolinlamil Ikrar Setia Kepada Pancasila

JAKARTA – Prajurit Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) membacakan ikrar kebulatan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai – nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pembacaaan ikrat tersebut dipimpin Inspektur Kolinlamil Kolonel Laut (S) Arief Muchtarom, S.E., M.Tr (Han) dalam upacara peringatan hari kesaktian Pancasila di lapangan Laksda TNI Moeljono Silam dermaga Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta, Minggu (01/10/207).

Kolonel Arief dalam amanatnya sebagai inspektur upacara (Irup)mengatakan, upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang dilaksanakan setiap tanggal 1 Oktober dilaksanakan dengan tujuan untuk mengenang sejarah tragedi atas gugurnya putra-putra terbaik bangsa akibat dari tragedi G30S/PKI pada tahun 1965. Tragedi ini, kata dia, merupakan bentuk penyelewengan PKI terhadap pemerintahan RI yang berencana mengganti ideologi Pancasila sebagai falsafah Bangsa Indonesia dengan idiologi lain yaitu Komunis.

“Kegiatan peringatan untuk mengenang tragedi nasional akibat pengkhianatan terhadap Pancasila ini juga dimaksudkan sebagai momentum untuk lebih merekatkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa,” imbuh Irup.

Upacara yang diikuti seluruh prajurit Mako Kolinlamil dan Satlinlamil Jakarta dengan komandan upacara Letkol Laut (T) Catur yang sehari-hari berdinas di Staf Logistik (Slog) Kolinlamil.

Turut hadir dalam upacara tersebut para Asisten Pangkolinlamil, Kasatker/Kadis, Komandan Satlinlamil Jakarta dan Komandan KRI yang berada di pangkalan Jakarta. (kln)

Redaktur: Rudi F

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.