Pemda DIY Anggarkan 1,7 Miliar Untuk Dua Desa di Bantul

BANTUL – Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (Pemda DIY) menganggarkan dana pembangunan untuk dua desa di Bantul sebesar Rp 1,7 Miliar. Kedua desa tersebut, Desa Pleret dan Desa Segoroyoso, Kecamatan Pleret, Bantul.

Hal itu dikemukakan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X saat kunjungan kerja di kedua desa tersebut, Senin (02/10/2017).

“Dana tersebut bisa dialokasikan untuk pemberdayaan masyarakat miskin, pengangguran,situs budaya, jalan dan sebagian untuk kegiatan pemuda di desa,” tutur Sri Sultan sebagaimana dilansir dari situs resmi Pemda DIY.

Sri Sultan juga meminta agar dibuat kelompok pecinta lingkungan di desa untuk menjaga kelestarian alam dan budaya yang ada. Selain itu, kata Sri Sultan, dengan lingkungan yang bersih, masyarakat juga akan terjaga kesehatannya.

“Harapannya dengan kelompok pecinta lingkungan ini kesadaran bahwa aspek lingkungan bersih itu penting,’’kata Sri Sultan.

Sebelumnya, dalam kesempatan tersebut, Lurah Desa Pleret Nurman Affandi menyampaikan aspirasi keluhan dari masyarakat kepada Sultan HB X, tentang kerusakan jembatan sebagai akses desa dan saluran irigasi yang semua perlu perbaikan.

“Kami sangat berterima kasih kepada Ngarso Dhalem (Sri Sultan, red) yang berkenan rawuh dan memberikan solusi atas persoalan kami di desa,” katanya.

Hal senada juga disampaikan Lurah Desa Segoroyoso, Miyadiyana selaku lurah Desa Segoroyoso. Ia berjanji akan menggunakan dana bantuan pemerintah untuk benar-benar membangun demi kesejahteraan masyarakat desanya.

Dalam kunjungannya di Desa Segoroyoso, Sri Sultan disambut antusias oleh warga masyarakat. Nampak anak-anak bersama orang tuanya berbaris menyambut Gubernur sekaligus Raja Kraton Ngayugyakarta Hadiningrat tersebut.

Sri Sultan juga menyempatkan diri berdialog dengan warga masyarakat yang menyambutnya. Warga menyampaikan aspirasi terkait dengan pembangunan infrastuktur desa, irigasi, sarana pendidikan, dan kemiskinan. Selain menyampaikan bahwa Pemda DIY akan terus memperhatikan persoalan masyarakat, Sri Sultan juga berpesan khusus kepada orang tua.

“Kepada para orang tua agar selalu mengawasi pergaulan anak-anaknya,” ungkapnya.

Dalam kunjungan kerjanya tersebut Sri Sultan didampingi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DIY, H. Yoeke Indra Agung L, SE, Bupati Bantul, Suharsono. (pr)

Redaktur: Faisal.

Sumber: Humas Pemda DIY

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.