Menurut CSIS TNI Dinilai Masyarakat Sebagai Institusi Paling Terpercaya

JAKARTA – Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) memperingati hari ulang tahun ke 72 Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam upacara militer yang dipimpin oleh Kaskolinlamil Laksma TNI Sugeng Ing Kaweruh, S.E., M.M., di lapangan Apel, Mako Kolinlamil Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (5/10).

Kaskolinlamil yang membacakan amanat Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo antara lain menyampaikan bahwa pada peringatan diusianya yang ke 72 tahun ini, TNI mendapatkan penilaian positif dari masyarakat yang tentunya harus dipertahankan bahkan perlu ditingkatkan kedepan.

“Dari semua prestasi tersebut tentu berdampak pada terpeliharanya opini masyarakat terhadap pengabdian TNI. Karenanya tidak diragukan lagi, dalam kurun waktu dua tahun terakhir ini publik tetap menilai bahwa TNI merupakan institusi yang paling terpercaya. Survei yang dilakukan lembaga Center For Strategic and International Studies (CSIS) bahwa masyarakat menilai TNI sebagai institusi paling solid dan terpercaya,” ucap Kaskolinlamil membacakan amanat PanglimaTNI. 

Peringatan Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (HUT TNI) yang dilaksanakan setiap tahun, tepatnya tanggal 5 Oktober, adalah merupakan Pelestarian Tradisi, Nilai Juang dan Memupuk Kebanggaan serta Jiwa Korsa TNI.

Adapun tema HUT TNI ke 72 Tahun 2017 yaitu, “Bersama Rakyat TNI Kuat”.

Tema tersebut bermakna bahwa TNI bertujuan merefleksikan niat, tekad dan semangat patriotik dan profesionalisme prajurit TNI untuk selalu berbuat dan berkarya lebih baik, lebih berkualitas dan lebih berkapasitas dalam bingkai NKRI. 

Lahirnya TNI adalah dari rakyat, berjuang untuk rakyat, dan selamanya untuk rakyat. Bagi TNI, sikap patriotik sejati dan peningkatan profesionalisme serta keberadaannya dicintai rakyat adalah kunci kekuatan TNI dalam menyelesaikan setiap tugas yang diberikan negara.

Dengan kebersamaan dan kemanunggalan TNI dan rakyat, dapat diyakini akan menjadi daya tangkal yang maha dahsyat guna menegakkan kedaulatan dan mempertahankan keutuhan wilayah NKRI serta mewujudkan Indonesia berdaulat, mandiri dan berkepribadian.

Sementara itu secara umum dalam rangkaian HUT TNI ke 72 Tahun 2017, diselenggarakan berbagai kegiatan, antara lain: Bakti Sosial Kesehatan, diantaranya Pengobatan Umum, Operasi Katarak, Operasi Bibir Sumbing, Pelayanan KB/Kebidanan, Sunatan Massal, Pelayanan Gigi, Donor Darah, Pemberian Alat Bantu Dengar, Kaca Mata Plus Minus dan Kursi Roda serta kegiatan sosial lainnya seperti Bazar dan pembagian sembako.

Kegiatan lainnya yaitu Lomba Foto dan Karya Tulis Jurnalistik, Festival Film Nasional, Lomba Dayung dan Renang 1.000 meter, Lomba Para Motor dan Aeromodelling, Lomba MTQ, MHQ dan Hadro serta Lomba Lagu Rohani dan Perjuangan.

Rangkaian HUT TNI ke 72 Tahun 2017, TNI juga menghadirkan 1.000 siswa/i berprestasi dari seluruh wilayah tanah air, khususnya pulau-pulau terluar dan daerah perbatasan. Kegiatan ziarah ke makam mantan Presiden RI dan Panglima Besar Jenderal Sudirman.

Sementara menurut Kepala Dispen Kolinlamil Letkol Laut (KH) Bazisokhi Gea, S.Pd., M.AP dalam keterangan resminya,  peringatan HUT TNI Di Kolinlamil sebelumnya telah dilaksanakan berbagai kegiatan seperti olahraga antar Satker Kolinlamil dengan pertandingan tenis lapangan, tenis meja, Futsal, Dayung perahu karet serta renang laut.

Turut hadir dalam upacara peringatan HUT TNI ke 72 tersebut Irkolinlamil Kolonel Laut (S) Arief Muchtarom, S.E., M.Tr (Han), para Asisten Pangkolinlamil, Kasatker/Kadis, para Komandan KRI Satlinlamil Jakarta dan Perwira Menengah baik Staf maupun unsur KRI.

Berita Dinas Penerangan Kolinlamil.

Sekadar informasi, upacara HUT TNI yang dilaksanakan secara terpusat di Dermaga pantai Indah Kiat, Cilegon, Banten dengan menampilkan upacara parade, defile dan demonstrasi atraktif para prajurit maupun alutsista TNI. (pr/kll)

Redaktur: Faisal

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com