Kodim Yogyakarta Siap Bantu Pelaksanaan Pendidikan Bela Negara di Sekolah

YOGYAKARTA – Di tengah munculnya paham ekstrimisme akhir-akhir ini, menanamkan kembali rasa cinta kepada Bangsa dan Negara terhadap generasi muda, terutama pelajar, menjadi penting bagi lembaga pendidikan.  Kodim  0734/Yogyakarta selaku satuan komando kewilayahan,  siap membantu sekolah-sekolah di Kota Yogyakarta dalam hal pendidikan bela negara.

“Saya siap bantu terutama menumbuhkan kedisiplinan siswa sekolah di Kota Yogyakarta, juga soal pendidikan bela negara, wawasan kebangsaan serta kesadaran berbangsa dan bernegara,”tutur Komandan Kodim (Dandim) 0734/Yogyakarta, Letkol Inf Rudi Firmansyah,S.E.,M.M, belum lama ini.

Letkol Inf Rudi Firmansyah mengatakan, salah satu cara menanamkan rasa cinta terhadap bangsa dan Negara adalah dengan kegiatan upacara bendera di sekolah.

“Upacara bendera bagi sebagian siswa membosankan, padahal tidak seperti itu, justru upacara bendera sarat nilai untuk menumbuhkan jiwa patriotik dari sebuah bangsa yang kenyang sejarah perjuangan dan kepahlawanannya. Upacara bendera setiap Senin pagi di semua sekolah penting karena menjadi aplikasi langsung terhadap rasa cinta tanah air,” kata Letkol Rudi yang pada Senin (16/10/2017) kemarin menjadi inspektur upacara (Irup)  kegiatan upacara bendera di SMA N 8 Yogyakarta.

Dikatakan Dandim 0734/Yogyakarta, dalam upacara bendera ada nilai kedisiplin yang sangat penting sebagai bekal generasi penerus menghadapi masa depannya. Di samping itu,kata dia, upacara juga sebagai sarana untuk menjalin dan menyampaikan informasi dari pimpinan, kepala sekolah atau pejabat yang ditunjuk sebagai Irup,

“Dengan demikian, setiap informasi, petunjuk, kebijakan, instruksi dapat mengalir dengan lancar serta tepat waktu dan sasaran,” ujarnya.

Dalam kesempatanmenjadi Irup upacara bendera di SMA N 8 Yogyakarta, Komandan Kodim 0734/Yogyakarta  menekankan kepada siswa-siswi SMAN 8 Yogyakarta di antaranya agar meningkatkan keimanan dan ketakwaan masing-masing, menjaga kerukunan hidup antar sesama, saling hormat menghormati, saling membantu dan suka bergotongroyong.

“Tanamkan rasa cinta tanah air, belajar yang baik serta jaga nama baik sekolah, jauhi kehidupan seks bebas, tawuran, narkoba dan jangan menjadi orang yang ketergantungan kepada media sosial, gunakan keberadaan media sosial dengan baik untuk hal-hal yang positif,” tukasnya.

Kepala Sekolah SMA N 8 Yogyakarta, Munjid Nur Alamsyah menyampaikan terima kasih kepada Dandim 0734/Yogyakarta atas partisipasinya untuk menjadi pembina upacara.

“Kami sangat menyambut baik kegiatan ini, karena sangat bermanfaat dalam menumbuh kembangkan semangat para pelajar untuk mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia dan memiliki wawasan yang lebih jelas ke depan,” ujarnya usai pelaksanan upacara bendera kemarin. (pdm)

Redaktur: Rudi F

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.