Gedung Serba Guna ala Saemaul Korea di Ponjong Diresmikan

GUNUNGKIDUL – Gedung serba guna di Desa Ponjong, Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunungkidul sebagai salah satu bentuk kerja sama Sister City antara Provinsi Gyeongsangbuk-do, Korea Selatan dengan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Universitas Gadjah Mada (UGM), diresmikan Selasa, (17/10/2017). Peresmian gedung serba guna tersebut dilakukan oleh Wakil Gubernur (Wagub) DIY, Sri Paduka KGPAA Paku Alam IX (PAX).

Dalam Sambutannya, Sri Paduka PA X mengatakan, sejak Pemerintah Daerah mendukung kerjasama Sister City yang salah satunya rencana pembangunan gedung serba guna di Ponjong. Menurutnya, gedung serba guna yang dibangun hendaknya dapat dijadikan sebagai sarana yang bukan hanya untuk menggabungkan beberapa kegiatan yang berbeda dalam suatu bangunan yang fleksibel.

“Gedung serba guna dapat dijadikan sebagai wadah untuk membangun intergrasi fisik maupun fungsi dari komponen – komponen yang ada, sehingga dapat saling melengkapi, dan menunjang, serta menciptakan lingkungan baru yang harmonis. Dengan begitu gedung serbaguna yang sifatnya multifungsi ini akan memberikan banyak sekali manfaat, untuk kemaslahatan masyarakat, khusunya masyarakat Desa Ponjong,” tuturnya.

Rektor UGM, Prof. Dr. Panut Mulyono dalam kesempatan yang sama mengatakan program Sister City antara Provinsi Gyeongsangbuk-do dengan DIY dan Universitas Gadjah Mada (UGM), yang sudah lama dirintis. Program tersebut, kata Prof Panut, juga mendapat dukungan dari pemerintah pusat,

“Saya berharap agar kerjasama ini bisa terus berlanjut dan dapat menjadikan Desa Ponjong menjadi desa yang lebih makmur dan maju,” harapnya.

Sementara Kepala kantor perwakilan Provinsi Gyeongsangbuk-do di Jakarta Kwon Gi Il menyatakan masyarakat Desa Ponjong telah menerapkan prinsip Saemaul yaitu rajin, berdikari, dan gotong royong, yang saat ini telah diterapkan oleh seluruh masyarakat Korea. Dia berharap masyarakat Desa Ponjong semakin giat untuk mengembangkan Desa Ponjong.

Hal senada dikatakan Sekretaris Jendral Saemaul Globalization Foundation Lee Sang Wook. Dengan adanya Gedung Serba Guna ini diharapkan dapat menjadi sarana warga Desa Poncol untuk melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat,

“Saemaul Globalization Foundation akan terus mendukung Desa Ponjong sebagai Desa Percontohan Saemaul juga berharap agar Desa Ponjong menjadi desa yang lebih sejahtera,” harapnya.

Sekadar informasi, desa Poncol adalah salah satu dari tiga desa yang digandeng oleh Saemaul Globalization Foundation (SGF) untuk membantu perkembangan desa terutama di bidang pertanian dan perempuan. Tiga desa tersebut yakni Desa Bleberan Kecamatan Playen, Desa Ponjong Kecamatan Ponjong Kabupaten Gunungkidul, dan Desa Sumbermulyo Kecamatan Bambanglipuro, Kabupaten Bantul.

Acara ini diramiakan dengan pertunjukan paduan suara Ibu-Ibu PKK Desa Ponjong yang membawakan lagu Mars PKK dan lagu terima kasih Korea ciptaan dari ibu ibu PKK Desa ponjong apresiasi dari tamu-tamu undangan khususnya yang berasal dari Korea.(kt7)

Redaktur: Faisal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.