Ratusan Gerobak Sapi Penuhi Candi Banyunibo

YOGYAKARTA –  Ratusan gerobak sapi mengikuti festival di Pelataran Candi Banyunibo, Bokoharjo, Prambanan Minggu (29/10/2017). Acara yang digelar paguyuban gerobak Sapi se DIY tersebut selain merupakan agenda tahunan  juga diselenggarakan dalam rangka mangayubagyo (ikut berbahagia, red) pelantikan  Sri Sultan Hamengku Buwono X sebagai  Gubernur DIY dan Sri Paduka GKPAA  Paku Alam X menjadi Wakil Gubernur DIY periode 2017- 2022.

Festival yang sudah digelar ke lima kalinya ini diikuti oleh 139 gerobak sapi dari 350 anggota kelompok yang  tersebar di DIY. Acara tersebut dihadiri langsung Sri Sultan HB X didampingi Prameswari Dalem GKR Hemas. Acara diawali dengan iring-iringan rombongan  Sri  Sultan yang juga didampingi  Sekda DIY Gatot Saptadi, Bupati Sleman Sri Purnomo, Asisten Keistimewaan DIY Tavip Agus Riyanto, Kapolda DIY Brigjen. Pol. Ahmad Dofiri, Kadispar DIY Tazbir Abdullah  serta perwakilan dari Gubernur AAU.

Rombongan beriringan masuk ke arena festival dengan menggunakan beberapa gerobak sapi yang dikendalikan oleh para ‘bajingers’ (pengemudi gerobak). 

Sri Sultan berharap, dengan digelarnya festival gerobak sapi,  diharapkan  bisa melestarikan eksistensi alat transportasi tradisional  yang merupakan bagian dari warisan budaya.

“Gerobak sapi perlu dilestarikan agar tidak punah seiring perkembangan transportasi yang ada kini,” tutur Sri Sultan.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur DIY meminta pemerintah desa Bokoharjo untuk membuat program yang  nantinya akan diupayakan oleh Pemda DIY agar Bokoharjo yang memiliki potensi wisata dan mulai berkembang  agar bisa lebih maju.

Digambarkan Sri Sultan, potensi wisata yang ada di Bokoharjo bisa dikembangkan dengan fasilitas untuk wisatawan,

“Misalnya  dengan didirikannya homestay, kemudian dilengkapi dengan adanya kuliner yang dikelola oleh ibu-ibu serta adanya koperasi  serta fasilitas-fasilitas lain. Ke depannya area ini akan lebih berkembang dengan potensi wisatanya yang ada,” ucap Sri Sultan.

Di sisi lain, festival gerobak sapi tersebut mendapatkan antusiasme dari warga hingga wisatawan manca Negara. Festival dimeriahkan dengan karnaval serta balap gerobak sapi. (kt1)

Redaktur: Rudi F

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *