DIY Siaga Bencana, Kasrem 072 Pamungkas Instruksikan Prajurit Gerak Cepat Bantu Korban

BANTUL – Setelah rentetan bencana alam terjadi di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akibat dampak Badai Siklon Tropis Cempaka akhirnya  hari ini Rabu (29/11/2017) Pemerintah Daerah (Pemda) DIY menetapkan status siaga darurat bencana.

Sebelum status siaga tersebut ditetapkan, Korem 072/Pamungkas (Pmk) selaku komando kewilayahan secara cepat ikut membantu masyarakat yang terkena dampak bencana.

Menurut Kasrem 072/Pmk Kolonel Inf Ida Bagus Surya, Korem 072/Pmk membentuk posko terpadu bencana alam bekerjasama dengan instansi terkait seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kodim dan jajaran Koramil, Polres dan jajaran Polsek, TRC Rapi, Dinkes, Dinsos, relawan SAR dan unsur masyarakat lainnya.

Kasrem juga menekankan kepada seluruh prajurit jajaran korem 072/Pmk secara cepat dan siaga terus menerus bersama instansi terkait dan relawan untuk membantu masyarakat yang terkena musibah bencana alam ini.

“Apa yang dibutuhkan masyarakat saat ini agar diinventarisir dan dikoordinasikan sehingga kita bisa bersama-sama membantu secara maksimal,” tutur Kasrem saat mengunjungi Posko terpadu bencana alam di Balai Desa Kebun Agung, Kecamatan Imogiri Kabupaten Bantul, Rabu (29/11/2017) siang.

Dalam kunjungan bersama para staf, Kasrem meninjau kesiapsiagaan Posko terpadu bencana alam serta mengunjungi masyarakat Bantul yang dievakuasi karena desa dan tempat tinggalnya terkena dampak bencana alam. Selain itu, Kasrem juga melihat dapur umum dan stok sembako, obat-obatan yang merupakan sumbangan sosial dari berbagi lapisan masyarakat luas sebagai wujud kepedulian sosial.

Kapenrem 072/Pmk Mayor Caj Syamsul Ma’arif yang mendampingi Kasrem menambahkan, bencana alam adalah ujian dari Tuhan, siapapun tidak ada yang menginginkan akan datangnya musibah ini. Menurut Kapenrem, yang paling penting adalah semua komponen lapisan masyarakat termasuk TNI, Polri, dan instansi terkait serta relawan lainya bersama-sama tanggap dan peduli ikut andil, berjibaku membantu masyarakat yang terkena dampak bencana ini,

“Kita semua harus membantu para korban dengan optimal dan  tulus ikhlas, seraya berdo’a kepada Tuhan yang maha Kuasa agar musibah bencana alam ini cepat berakhir dan masyarakat yang kena dampak diberi kekuatan, kesabaran dan dapat beraktiftas kembali seperti semula,” pungkas Kapenrem 072/Pmk. (kt1)

Redaktur: Rudi F

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.