Peringati Hari Juang Kartika, Korem 072 Pamungkas Ziarah ke Makam Pahlawan

YOGYAKARTA- Memperingati Hari Juang Kartika 2017Komando Resort Meliter /072 Pamungkas (Korem 072/PMK), ziarah ke Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN) Kusumanegara, Kamis (14/12/2017).

Kegiatan dipimpin langsung Komandan Korem (Danrem) 072/PMK, Brigjen TNI Fajar Setyawan S.I.P, diikuti para prajurit, ASN, Persit Korem dan jajaran Korem 072/PMK 

Danrem menuturkan, Hari Juang Kartika merupan hari bersejarah, yaitu Perjuangan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) yang dipimpin  Panglima Besar Jendral Soedirman yang berlangsung dari 12 Desember hingga 15 Desember 1945. Berdasar Keputusan Presiden RI No. 163/1999, kata Danrem, Hari Infanteri kemudian diganti dengan nama Hari Juang Kartika.

Dijelaskan, Danrem , TNI bersama rakyat berhasil memenangkan pertempuran secara gemilang dalam menghadapi tentara Belanda. Pelaksanaan ziarah ini, imbuh Danrem, diawali dengan upacara sekaligus penghormatan kepada arwah para pahlawan, mengheningkan cipta dan dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga dan yang terakhir penaburan bunga.

“Kegiatan ziarah ini sebagai upaya untuk mengingat akan jasa – jasa para pahlawan serta mendoakan agar arwah pahlawan mendapatkan tempat yang layak disisi Tuhan YME dimana mereka sudah banyak berjasa sehingga bangsa Indonesia dapat merdeka,” kata Brigjen TNI Fajar Setyawan.

Lebih lanjut Danrem menjelaskan, peristiwa yang kenal dengan Palagan Ambarawa ini memiliki semboyan ”Rawe-rawe rantas malang-malang putung, patah tumbuh hilang berganti”. Pasukan TKR, menurutnya memiliki tekad bulat membebaskan Ambarawa atau dengan pilihan lain gugur di pangkuan ibu pertiwi.

Dalam kesempatan tersebut Danrem 072/ PMK, mengajak kepada seluruh peserta ziarah  agar dapat meneladani perjuangan para pahlawan dengan menjaga semangat patriotism sebagai abdi Negara.

“Dengan semangat Hari Juang Kartika Danrem 072 pamungkas, mari kita semua meneladani perjuangan para pahlawan melalui pengabdian dan kerja kerja nyata dalam pelaksanaan tugas masing – masing, sehingga pada akhirnya tugas pokok Korem 072/ Pamungkas dapat tercapai,” pesan Danrem.

Untuk diketahui; Selain melaksanakan ziarah, Korem 072 Pamungkas juga akan melaksanakan beberapa kegiatan untuk memperingati Hari Juang Kartika 2017 seperti donor darah, pengobatan masal, karya bhakti, doa bersama dan pada puncaknya akan melaksanakan upacara peringatan Hari Juang Kartika yang akan dilaksanakan di Yonif 403/WP. (tif)

Redaktur: Abdul Latif S

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.