DPRD Kota Yogyakarta Usulkan Pelunasan Tunggakan BPJS Kelas III dengan Bansos

YOGYAKARTA – Pada tahun 2019, Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) di Kota Yogyakarta akan di integrasikan ke Badan Penyelenggara Jaminan Sosial  dan Jaminan Kesehatan Nasional (BPJS JKN). Pengintegrasian tersebut akan diberlakukan sistem Universal Health Coverage.

“Sistem Jaminan Kesehatan Universal Health Coverage tersebut dimaksudkan akan mengcover seluruh penduduk di Kota Yogyakarta dengan sistem jaminan kesehatan BPJS kelas III yg artinya iur bayar akan dibiayai oleh APBD Kota Yogyakarta,” ungkap Pimpinan Komisi D DPRD Kota Yogyakarta, Antonius Fokki Ardiyanto S.IP, kepada wartawan di Yogyakarta, Kamis (22/02/2018).

Dikatakan Fokki, berdasar Data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Yogyakarta, warga yang mengikuti program BPJS mandiri kelas tiga di Kota Yogyakarta yang menunggak sebanyak 10.337 jiwa. Permasalahan yang terjadi, kata Fokki,  yaitu bagaimana sistem keberlanjutan jaminan kesehatan bagi peserta BPJS mandiri kelas III  yang mengalami tunggakan.

“Oleh sebab itu, Komisi D mengusulkan terkait mekanisme jaminan kesehatan bagi masyarakat yang mengikuti program BPJS mandiri kelas III yang mengalami tunggakan diselesaikan dengan mekanisme Bantuan Sosial, yang artinya ketika warga masyarakat ikut secara aktif ke program penerima bantuan iur daerah (PBID), mereka juga sudah tidak dibebani masalah tunggakan,” tukasnya.

Fokki berharap dengan adanya mekanisme pelunasan tunggakan serta adanya sistem Universal Health Coverage tersebut dapat dijadikan sebagai model pelayanan pubik pemerintah Kota Yogyakarta dalam menjamin hak dasar warga negara untuk mendapat jaminan kesehatan sesuai dengan konstitusi,

“Berkaitan dengan usulan konsep diatas kita selaku Komisi D DPRD Kota Yogyakarta juga sudah melakukan studi banding di Kota Surakarta dan disana ternyata sudah bisa berjalan dengan baik. Untuk diketahui dari sisi masyarakat dan dari sisi PAD Yogyakarta dan Surakarta sangat mirip,” pungkas Fokki.(kt1)

Redaktur: Rudi F

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.