Seratusan Pendonor dari Lima Komponen Organisasi Wanita Sumbangkan Darah

YOGYAKARTA – Lima  komponen organisasi wanita Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), yaitu BKOW, Darma Wanita, PKK, Dharma Pertiwi, dan Bhayangkari menyelenggarakan kegiatan bersama di Makorem 072/Pmk Jl Reksobayan 4 Yogyakarta, belum lama ini.

“Kegiatan yang dilaksanakan berupa donor darah dan Pengobatan gratis serta pembagian paket sembako. Kegitan digelar untuk menyambut Hari Kartini yang diperingati pada 21 April mendatang,” tutur Ketua Panitia kegiatan, Dessy Zamroni, dalam keterangan pers yang diterima redaksi melalui Penerangan Korem 072/Pamungkas, Kamis (01/03/2018).

Desy Zamroni yang juga selaku Ketua Dharma Pertiwi daerah D ini menjelaskan, kegiatan donor darah sebenarnya sudah menjadi acara rutin tahunan dalam Peringatan Hari Kartini. Donor menurutnya juga diikuti oleh prajurit Korem 072/Pamungkas dan ASN kalangan pria. Dengan melakukan donor darah, kata dia, akan menyelamatkan jiwa orang lain yang membutuhkan.

“Target 100 peserta dapat tercapai dalam aksi sosial donor darah kali ini,” ungkap Dessy  Zamroni, yang juga menjabat Ketua Persit Kartika Candra Kirana Koorcab Rem 072 PD IV/Dip.

Walaupun jumlah peserta telah melampaui target, menurut Dessy masih banyak ibu-ibu dari anggota lima kompponen organisasi wanita yang ingin menyumbangkan darahnya. Namun, kata Dessy, banyak calon pendonor tidak bisa diambil darahnya karena faktor kesehatan, terutama dari kalangan ibu-ibu.

“Melihat minat dan antusias para peserta yang sangat luar biasa ini menunjukkan kesadaran bahwa, donor darah itu sehat, baik dan  sangat bermanfaat dalam sisi kemanusiaan, yaitu untuk menolong orang lain,” tandasnya.

Dengan peringatan Hari Kartini tahun 2018 ini Dessy Zamroni berharap agar tidak hanya seremonial belaka, namun harus ada sesuatu yang bermanfaat, terutama yang menyangkut masalah perempuan. Selain itu Ia berharap, kegiatan diharapkan mampu membangkitkan semangat bagi semua warga masyarakat, dengan membuat kegiatan yang posistif untuk mendukung kemandirian guna meningkatkan kesejahteraan keluarga.

“Donor darah hari ini merupakan kegiatan kemanusiaan yang menyelamatkan nyawa yang tak terbatas dari lintas generasi, jenis kelamin, status sosial, etnis dan agama,” pungkasnya.

Sekadar informasi, selain donor darah, pengobatan massal dan pembagian sembako masih ada serangkaian acara yang digelar dalam peringatan hari Kartini tahun ini. Kegiatan lainnya antara lain Senam Massal, Lomba Volly, Lomba Mewarnai, menghias Tumpeng, Sarasehan, Talkshow di salah satu Televisi lokal, dan ditutup dengan puncak acara yang akan dilangsungkan pada Sabtu 21 April 2018. (kt1)

Redaktur: Rudi F

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.