Ratusan Siswa SD Ikuti Outbound Pelatihan Cinta Tanah Air

YOGYAKARTA – Ratusan siswa SD Muhamadiyah Sapen mengikuti pelatihan kedisiplinan dan cinta tanah air dalam outbound yang difasilitasi  Satgas TMMD Ke-101  Kodim 0734/Yogyakarta di Taman “Merah Putih” Legawong, Kampung Gambiran, Pandeyan, Umbulharjo, Kamis (05/04/2018).

Dalam outbound dengan tema membangun karakter bangsa yang tangguh tersebut, para siswa  diberikan materi dengan metode permainan untuk menanamkan kerjasama tim, baik antar personal dan kelompok agar lebih memahami makna persatuan dan kesatuan,

Koordinator outbound Satgas TMMD Kodim 0734/Yogyakarta, Kapten Arm Paeco mengatakan,tujuan dari pada outbound adalah membentuk kemandirian anak untuk saling bekerja sama dan bergotong royong.

“Dalam kegiatan outbound terselip pendidikan mental dan spiritual membentuk generasi yang memiliki kepekaan sosial, kebersamaan dan setia kawan Anak-anak Intinya mereka bisa di ajak untuk merasakan jiwa bergotong royong, di waktu berat sama dipikul, ringan sama di jinjing,” kata Kapten Paeco yang juga menjabat Wadan Ramil 06/ Mergangsan.

Kapten Paeco berharap dengan outbound tersebut dalam jiwa anak-anak bisa tertanam semangat kebersamaan dan setia kawan yang menjadi dasar dari semangat bela negara dan cinta tanah air.

Sementara itu, kepala sekolah SD Muhamadiyah Sapen Agung Barmanto, S.Pd mengatakan, kegiatan outbond diikuti 105 siswa kelas 5 dan 6. Menurutnya, lokasi outbond  di Taman ‘Merah Putih’ Legawong Gambiran yang dekat dengan Gedung sekolah dan tempat tinggal siswa, tidak mengurangi antusiasme peserta mengikuti outbond,

“Biasanya siswa belajar dengan guru di kelas, sekarang sudah komplit, sudah belajar sama bapak-bapak TNI. Harapan kami sebagai Kepala Sekolah semoga program bersama TNI ini merupakan permulaan kerja sama dengan SD Muhamdiyah Sapen, kamipun siap menyukseskan TMMD,” tukasnya.

Atas nama sekolah, Agung mengucapkan terimakasih kepada Satgas TMMD dan satuan Kodim 0734/Yogyakarta,

“Semoga giat TMMD ini bisa menyatukan TNI dengan Rakyat khususnya siswa siswi SD Sapen. Apabila dalam interaksi kegiatan ini ada kekurangan kami minta maaf semoga outbond ini bisa berguna bagi siswa siswi kami,” imbuhnya

Dalam kesempatan yang sama, Dandim 0734/Yogyakarta Letkol Inf Rudy Firmansyah, S.E., M.M

menyampaikan, kegiatan outbound dapat memberikan masukan yang positif dalam perkembangan kedewasaan seorang pelajar, pengalaman itu mulai dari pembentukan kelompok. Kemudian, kata Dandim, setiap kelompok akan menghadapi bagaimana cara bekerjasama dalam mengambil keputusan dan keberanian untuk mengambil risiko.

“Setiap kelompok akan menghadapi tantangan dalam memikul tanggung jawab yang harus dilalui.  Outbound ini bisa melatih para siswa siswi untuk mampu menyesuaikan diri dengan perubahan yang ada dengan membentuk sikap professional para pelajar  yang  didasarkan pada perubahan dan perkembangan karakter,  komitmen serta kinerja yang diharapkan akan semakin lebih baik,” kata Dandim.

Dijelaskan Dandim, kegiatan yang dilaksanakan di alam terbuka, bisa  menjadi daya tarik bagi para pelajar. Konsep belajar sambil bermain, kata Dandim, menjadikan seseorang akan lebih dapat menerima pelajaran.

“Upaya membangun sumber daya manusia harus dibangun sejak awal seseorang mendapatkan pendidikan, untuk itu usaha yang dibangun terlebih dahulu adalah membangun karakter  yang  tangguh, berbudi pekerti luhur, bertangung jawab, berdisiplin dan mandiri,” tandas Dandim.

Disamping itu, Dandim menerangkan, kegiatan outbound dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan rasa sosial terhadap sesama teman, menumbuhkan sikap kepemimipinan (leadership), kerjasama antara sesama dan saling menghormati, melatih aktivitas fisik (psikomotorik) dan memacu mental kompetitif melalui permainan-permainan kreatif  yang memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda,

“Sehingga dapat memberikan citra edukatif yang mengkolaborasi antara unsure pendidikan dan program permainan yang terarah. Diharapkan setelah mengikuti outbound para siswa akan menjadi lebih komunikatif, lebih berani, lebih kreatif, berdisiplin dan mandiri dalam berfikir, bersikap dan bertindak,” pungkas Letkol. Inf Rudi Firmansyah. (rd)

Redaktur: Ja’faruddin. AS

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com