Tanamkan Rasa Cinta Dunia Kemaritiman, Museum Bahari Adakan Lomba Cerdas Cermat

BANTUL – Museum Bahari Yogyakarta bekerjasama dengan Pangkalan TNI Angkatan Laut (LANAL) Yogyakarta melaksanakan Lomba Cerdas Cermat Kemaritiman Tingkat SLTP dan SLTA Sederajat Se-DIY.

Loba yang memperebutkan piala Laksamana TNI (Purn) Dr. Marsetio (Kepala Staf TNI Angkatan Laut tahun 2012-2015) tersebut mengusung tema “Mengenal Dunia Maritim Indonesia”.

Ketua panitia lomba Perwira Pelaksana (Palaksa) Lanal Yogyakarta, Letkol Laut (P) R. Haryo Wiji Pratomo, S.H, S.Mar Stud. Mengungkapkan, lomba digelar dalam rangkaian Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Museum Bahari Yogyakarta ke-9 Tahun 2018,

“Diselenggarakannya lomba ini bertujuan sebagai upaya mengenalkan dan menanamkan kecintaan terhadap dunia kemaritiman kepada generasi muda, khususnya pelajar tingkat SLTP dan SLTA wilayah Yogyakarta,” ungkapnya usai Pembukaan Lomba Cerdas Cermat Kemaritiman Se-DIY di Hall A dan B hotel Dermaga Keluarga Jl. Ambarbinangun No 470 Sonosewu Baru, Ngestiharjo, Kasihan Bantul Yogyakarta, Sabtu (05/05/2018).

Dijelaskan Letkol Haryo, lomba akan diselenggarakan pada tanggal 5 Mei dilanjutkan tanggal 7 dan 8 Mei 2018. Menurutnya  animo peserta lomba tahun ini meningkat 2 kali lipat.

Laksdya TNI (Purn) Yosefat Didik Heru Purnomo selaku Pembina Museum Bahari Yogyakarta menyampaikan, pelaksanaan lomba cerdas cermat kemaritiman tahun 2018 adalah kegiatan yang ke 2. Ia menilai hal itu merupakan bukti semangat dan kecintaan kepada dunia maritim Indonesia. Laksdya Yosefat menandaskan tidak ada negara besar di dunia yang tidak menguasai laut dan sejarah membuktikan bahwa negara kita juga pernah mencapai kejayaan maritim pada era kerajaan Sriwijaya dan Majapahit,

“Untuk hal tersebut bukan soal kalah menang dalam lomba cerdas cermat kemaritiman, namun bagaimana kita berupaya bersama sama dalam membangun dan membesarkan semangat mencapai kejayaan maritim kembali,” ujarnya.

Dalam  kesempatan yang sama, Laksamana TNI (Purn) Dr. Marsetio, mengungkapkan rasa syukurnya karena presiden Jokowi sebagai presiden pertama yang membangun proyeksi kesejahteraan rakyat Indonesia dengan konsep bertumpu pada visi misi penguasaan maritim dan menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Presiden Jokowi, kata dia, melaksanakan program tersebut dengan 5 pilar maritim yakni budaya maritim, sumber daya maritim, konektifitas dan infrastruktur maritim, diplomasi maritim dan pertahanan maritim,

“Selamat bertanding dan semoga tahun depan akan lebih kita semarakkan kembali”, sebagai ahkir sambutan Laksamana TNI (Purn) Dr. Marsetio.

Seremonial pembukaan lomba ditandai dengan pemencetan tombol bel oleh Laksamana TNI (Purn) Dr. Marsetio didampingi Laksdya TNI (Purn) Yosafat Didik Heru Purnomo dilanjutkan menyaksikan langsung pelaksanaan lomba cerdas cermat babak 1 dari peserta SMA N 1 Semanu Kab. Gunung Kidul melawan SMK N 1 Sanden Kab. Bantul, dan keluar sebagai pemenang peserta SMA N 1 Semanu mendapat hadiah dari Laksamana TNI (Purn) Dr. Marsetio. Kegiatan dilanjutkan dialog dengan peserta lomba dan guru pendamping serta menyaksikan sesi perdana lomba cerdas cermat tingkat SLTP di lantai 2 hotel Dermaga Keluarga.

Sebagai ahkir kegiatan dilaksanakan foto bersama pejabat undangan dan peserta lomba serta penyerahan cindera mata buku “Kesadaran Baru Maritim” hasil buah pikiran Laksamana TNI (Purn) Dr. Marsetio diserahkan langsung kepada Komandan Lanal (Danlanal) Yogyakarta Kolonel Laut (P) Arya Delano, S.E, M.Pd,

“Kami jajaran Lanal Yogyakarta siap menggelorakan semangat dan wawasan maritim generasi muda wilayah Yogyakarta,” Tegas Danlanal Yogyakarta saat menerima buku cindera disambut tepuk tangan hadirin undangan dan peserta lomba menutup rangkaian acara pembukaan lomba.

Acara pembukaan juga dihadiri oleh pejabat TNI Polri diantaranya Korem 072 Pamungkas, Kodim 0734/YKA, Koramil 10/Wirobrajan, Lanud Adi Sucipto, Polsek Wirobrajan, stageholder bidang maritim dan kepemudaan dari instansi pemerintah DIY diantaranya Disbud, DKP dan Dispora, Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Laut (PPAL) Rayon Yogyakarta serta peserta lomba dan guru pendamping yang terdiri dari 24 regu SLTA dan 18 regu SLTP sederajat DIY. (kt3)

Redaktur: Fefin Dwi S

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.