Tentara dan Polisi Patroli Bersama Setiap Malam, Ramadhan di Jogja Nyaman

YOGYAKARTA – Setiap Koramil jajaran Kodim 0734/Yogyakarta melaksanakan patroli bersama Polsek di jajaran Polresta Yogyakarta setiap malam untuk mencegah terjadinya gangguan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas). Hal itu sebagaimana yang dilakukan bersama personel  Koramil 13/Ngampilan dan Polsek Ngampilan.

Menurut Danramil 13/Ngampilan, Kapten (Arm) Riyanto, patroli bersama unsur TNI-Polri di Ngampilan bertujuan untuk mencegah timbulnya aksi kejahatan dan mengantisipasi teror dan ancaman lainnya.

“Selain itu tujuan patroli bersama juga untuk menciptakan kebersamaan demi terjalinnya sinergitas hubungan yang harmonis dan kekompakan dalam memelihara serta menciptakan kamtibmas yang aman kondusif, adem ayem tenteram,” kata Riyanto, Rabu (30/05/2018).

Kapten Riyanto menjelaskan, patroli dilakukan dengan menyusuri jalan tempat-tempat yang dianggap rawan aksi kejahatan pada malam hari baik curas maupun aksi kenakalan remaja. Beberapa tempat ibadah maupun fasilitas umum lainnya juga disambangi guna menciptakan rasa aman dalam masyarakat.

Sebelumnya Kapolsek Ngampikan Kompol Kusila dan Danramil 13 Ngampilan telah sepakat membuat program kebersamaan ini demi memberikan rasa aman dan nyaman pada masyarakat sekaligus mengkompakan Polri Dan TNI. Dengan demikian apabila antara aparat kompak maka akan mudah menangani suatu masalah dengan secara bersama sama,

“Dengan rutin setiap malam dan setiap saat patwal gabungan akan mengantisipasi sesuatu kejadian baik kejahatan dan segala sesuatu yang akan mengancam wilayah NKRI khususnya di wilayah Ngampikan, akan terdeteksi dini dan bisa di antisipasi secepatnya,” jelas Riyanto. 

Sementara personil dari Koramil 13/Ngampilan Serka Teguh yang ikut patroli mengatakan bahwa apabila patroli ini di laksanakan rutin dan gabungan akan membuat dampak yang baik bagi keamanan wilayahnya,

“Karena pelaku kejahatan akan berpikir dua kali karena selalu patroli bersama keliling,” Ungkapnya.

Terpisah, Serda Datuk Pradopo, Babinsa Koramil 01/Jetis bersama Angota Polsek Jetis melaksanakan patroli malam hari di wilayah Kecamatan Jetis Yogyakarta. Patroli tersebut dimulai dari Koramil Jetis dilanjut ke tempat-tempat keramaian yang ada di wilayah Kecamatan Jetis, dengan menyambangi orang-orang yang sedang jaga malam.

“Kami menyampaikan kepada warga untuk terus ikut menjaga keamanan wilayah untuk mencegah terjadinya tindak pencurian maupun tindak kriminal lainnya yang akan membuat resah warga,” ujarnya.

Wawan (30), warga Cokrodiningratan, Jetis mengatakan pihaknya merasa sangat senang dengan adanya patrol yang dilakuka oleh Bapak-bapak TNI dan Polisi. Denga adanya patrol warga merasa lebih aman dan nyaman tinggal di wilayahnya.

 “Saya merasa sangat senang dengan adanya patroli dari Koramil dan Polsek Jetis, karena dengan adanya patroli yang dilaksanakan tiap malam, warga merasa lebih nyaman dan tentram,” katanya. (kas)

Redaktur: Fefin Dwi S

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.