Kodim Yogyakarta Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila

YOGYAKARTA – Seluruh Prajurit dan PNS Kodim 0734/Yogyakarta, Minvet Kota Yogyakarta melaksanakan upacara Bendera dalam rangka memperingati hari lahirnya Pancasila, Jumat (01/06/2018)  di Lapangan upacara Makodim 0734/Yogyakarta.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Kepala Staf Kodim 0734/Yogyakarta, Mayor Inf. Mohamad Munasik. S. Ag.

Dalam kesempatan tersebut Mayor Munasikmembacakan amanat sambutan Presiden RI, Joko Widodo pada peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2018. 

Dalam sambutan tertulis, Presiden mengatakan, sebentar lagi kita akan merayakan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73. Selama 73 tahun, Pancasila sudah bertahan dan tumbuh di tengah deru ombak ideologi-ideologi lain yang berusaha menggesernya. Selama 73 tahun, Pancasila sudah menjadi rumah kita yang ber-Bhineka Tunggal Ika. Insya Allah sampai akhir zaman, Pancasila akan terus mengalir di denyut nadi seluruh rakyat Indonesia.

“Sungguh Pancasila adalah berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada kita, melalui perenungan, pergulatan pemikiran dan kejernihan batin para founding fathers Indonesia. Pancasila pertama kali diuraikan secara jelas oleh Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945, kemudian dituangkan dalam Piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945 dan dirumuskan secara final pada tanggal 18 Agustus 1945” ungkapnya saat membacakan amanat sambutan Presiden RI.

Pada kesempatan yang mulia ini, lanjut Kasdim, saya ingin mengajak para ulama dan tokoh agama, para guru dan ustad, para politisi dan jajaran aparat pemerintahan, para anggota TNI dan Polri, para pekerja dan pelaku ekonomi, serta seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengamalkan Pancasila dalam keseharian kita,

“Semangat bersatu, berbagi dan berprestasi akan meneguhkan derap langkah kita dalam membawa Indonesia menuju Negara maju dan jaya” imbau Presiden dalam sambutan tertulis yang dibacakan Mayor Munasik. (kt1)

Redaktur: Fefon Dwi S

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com