LANAL Yogyakarta Beri Pembinaan Teritorial Bela Negara Kepada Taruna AMY

YOGYAKARTA – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta menyelenggarakan Sosialisasi Bela Negara dan Promosi TNI Angkatan Laut kepada taruna taruni Akademi Maritim Yogyakarta (AMY), Jumat (13/07/2018) pagi, di kampus AMY, Jl. Magelang, Mesan, Sinduadi, Mlati, Sleman.

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Yogyakarta, Kolonel Laut (P) Arya Delano, S.E., M. Pd., memimpin langsung prajuritnya dalam acara sosialisasi tersebut.

Danlanal mengungkapkan, kegiatan diselenggarakan sebagai upaya pelaksanaan Pembinaan Teritorial (Binter) melalui Komunikasi Sosial (Komsos),

“Khususnya dalam memberikan wawasan kebangsaan dan bela negara serta memperkenalkan tentang keangkatan lautan kepada para pemuda pemudi generasi muda,” tuturnya.

Dalam paparannya, Danlanal menyampaikan pemahanan pentingnya jiwa dan semangat bela negara dari semua komponen bangsa.

Menurut Danlanal, taruna taruni AMY dapat ikut serta dalam membela negara dengan menghindarkan diri dari bahaya Narkoba, belajar dan berlatih dengan baik pengetahuan ilmu pelayaran dan perkapalan saat bersekolah di AMY, sehingga kelak dapat menjadi aset kekuatan disemua lini maritim bangsa Indonesia.

“Bukan hanya menjadi TNI saja wujud ikut serta bela negara, dalam konsep luas bela negara dapat dilaksanakan oleh berbagai latarbelakang profesi lainnya, dengan menjadi manusia Indonesia yang berkarakter dan cinta tanah air akan menumbuhkan jiwa nasionalisme yang tinggi dan akhirnya mampu mewujudkan Indonesia yang kuat dan utuh tidak mudah dihacurkan dengan berbagai cara oleh kekuatan, baik dari luar maupun dari dalam,” urai Danlanal Yogyakarta.

Acara sosialisasi diawali apel khusus di lapangan kampus AMY dipimpin oleh Danlanal Yogyakarta, dalam kesempatan tersebut juga diserahkan bantuan berupa peta laut, buku buku navigasi terbitan Pusat Hidro Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) dari Danlanal Yogyakarta diterima langsung oleh Direktur AMY Dr. Wegig Pratama, M.Pd, kegiatan dilanjutkan pengenalan _Uniform_ atau pakaian dinas TNI Angkatan Laut kepada taruna taruni AMY.

Acara dilanjutkan peninjauan ruang simulator, berada di lantai III gedung Kerinci kampus AMY serta dilaksanakannya paparan Sosialisasi Bela Negara oleh Danlanal Yogyakarta bertempat di lantai III gedung Baruna AMY.

Adapun kegiatan promosi TNI Angkatan Laut dilaksanakan dengan maksud dan tujuan untuk memperkenalkan profile personel, alat utama sistem senjata (Alutsista) serta tugas pokok dan fungsi TNI Angkatan Laut dalam menjaga kedaulatan negara Republik Indonesia semata mata dilandasi semangat cinta tanah air dan jiwa patriotisme, dapat diwujudkan melalui bergabung menjadi prajurit TNI Angkatan Laut.

Acara diikuti lebih kurang 300 taruna taruni AMY tersebut, dihadiri para perwira staf Lanal Yogyakarta antara lain Paspotmar Lanal Yogyakarta Mayor Laut (P) Wahono, Dandenpomal Lanal Yogyakarta Mayor Laut (PM) Adhi Kurnianto, Kasipers Minpers Lanal Yogyakarta Kapten Laut (KH) Agus Mulyanto, Kaurpamgal Sintel Lanal Yogyakarta Kapten Laut (T) Sulistyo, Paset Lanal Yogyakarta Letda Laut (P) Sri Purwanti.

Turut hadir dari jajaran Pembina dan Pembimbing AMY antara lain, Direktur AMY Bpk Dr. Wegig Pratama, M.Pd, Pembantu Dir 3 AMY, Bpk Prasetya Sigit Santosa, M.Pd, Humas AMY Bpk Budi Handojo, S.H., L.L.M, Ketua Pusat Pengembangan dan Penelitaian AMY Bpk Drs. Sahudiyono, M. PA serta pamong dan pembina AMY Yogyakarta. (kt3)

Redaktur: Faisal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com