Peringati HAN, Dinkes DIY Periksa Kesehatan Jantung 3000 Anak

YOGYAKARTA – Sedikitnya 300 anak-anak di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bakal diperiksa kesehatan jantungnya oleh Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian peringatan Hari Anak Nasional (HAN)  yang diperingati setiap tanggal 23 Juli.

Kepala Dinkes DIY drg Pembayun Setyaningastutie MKes  menuturkan, pemeriksaan penyakit jantung bawaan terhadap anak-anak sebagai bentuk upaya deteksi dini agar mengetahui kesehatan jantung anak dan penanganan yang lebih cepat dan tepat terhadap penyakit jantung pada anak.

“Serangkaian kegiatan memperingati HAN sudah dan akan dilaksanakan oleh Dinkes DIY. Salah satunya, akan dilakukan pemeriksaan penyakit jantung bawaan terhadap 300 anak-anak siswa kelas 1 SD (Sekolah Dasar)” ungkapnya, Selasa (31/07/2018) usai teleconference dengan Kementerian Kesehatan RI yang diwakili Dirjen Kesmas dr Kirana Pritasari MQIH. 

Pembayun menjelaskan, secara umum kegiatan-kegiatan dalam peringatan HAN dilaksanakan dengan melibatkan lintas sektor bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lain, termasuk di lingkup kabupaten dan kota se DIY. Beberapa OPD yang terlibat menurut Pembayun antara lain BPPM DIY, Dikpora DIY, BKKBN DIY dan Dinas Kesehatan Kab danKota,

“Ragam kegiatannya yakni pencanangan Bulan Tumbuh Kembang di seluruh fasilitas pelayanan kesehatan, posyandu, PAUD dan BKB, ada pula kampanye Pekan ASI sedunia di Mandala Krida, Yogyakarta, pada 10 Agustus 2018 mendatang. Kemudian, talkshow tumbuh kembang dan lomba Balita Sehat di Gunungkidul,” jelas Pembayun.

Lebih lanjut Pembayun menginformasikan, masih dalam rangkaian HAN ada beberapa inovasi yang dikembangkan di DIY terkait dengan program kegiatan untuk anak, yakni monitoring terpadu di lokasi keterpaduan dengan BPPM DIY, Dinas Dikpora dan BKKBN DIY.  Selain itu, imbuh Pembayun, ada pula pendampingan Asuh Balita di Kabupaten Bantul dan pengembangan pemberdayaan masyarakat dalam Pemberian Makan Bayi dan Anak (PMBA) di Kabupaten Gunungkidul,

Sementara itu terkait teleconference dengan Kementerian Kesehatan RI, Pembayun mengungkapkan, melalui teleconference terjadi diskusi dan tukar informasi terkait dengan program kegiatan dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional. Teleconference sendiri, kata dia, diikuti peserta dari Dinkes DIY dan lintas sektor, Dinkes Kalimantan Selatan, Dinkes Lampung dan Dinkes Bone,

“Untuk DIY, puncak acara HAN rencananya akan dilaksanakan pada 9 Agustus 2018  di Taman Budaya, Yogyakarta,” imbuhnya. (kt1)

Redaktur: Fefin DS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.