Sambut Hari Kemerdekaan Kodim Sleman Kibarkan Merah Putih Raksasa di Bukit Klangon

SLEMAN – Kodim 0732/Sleman bekerja sama dengan Perangkat Desa Glagaharjo Cangkringan dan komponen masyarakat di wilayah Cangkringan mengibarkan bendera merah putih raksasa di di Kawasan Wisata Bukit Klangon Glagahsari Glagaharjo Cangkringan Sleman, Kamis (16/08/2018).

Pengibaran bendera Merah Putih yang berukuran 6 x 9 meter yang dimulai tepat pukul  09:00 Wib tersebut diikuti sekitar 1300 peserta.

Komandan Kodim 0732/Sleman, Letkol INF Diantoro, mengungkapkan bendera tersebut dikibarkan dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke 73. Dipilihnya Bukit Klangon menurutnya dikarenakan memiliki nilai sejarah,

“Disekitar bukit ini sempat terjadi pertempuran hebat antara rakyat Indonesia melawan Belanda, tepatnya bulan Maret 1949. Saat itu Belanda mengadakan sweeping ke rumah penduduk dan menangkapi beberapa orang. Penduduk sampai sembunyi ke parit-parit,” tuturnya usai acara.

Dikatakan dandim, upacara yang dilakukan di kaki Gunung Merapi juga diharapkan bisa membakar semangat bangsa Indonesia untuk lebih bisa menjadikan bangsa yang lebih maju lagi.

Menurutnya, latar Merapi dipilih dengan harapan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang besar seperti halnya Gunung Merapi.

“Kita berharap agar bangsa ini bisa sedasyat Merapi, dimana Merapi ini merupakan Gunung yang paling aktif di Indonesia. Ada juga istilah Merapi tak pernah ingkar janji,”  ujarnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, perwakilan  Kapolres Sleman, BPBD Kabupaten Sleman, Forkompinka Cangkringan, Relawan Se- Kecamatan Cangkringan, Komponen masyarakat Se- Kec Cangkringan dan Siswa SD, SLTP, SLTA Se Kec Cangkringan. (kt1)

Redaktur: Rudi F

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.