Lanal Yogyakarta Tampilkan Alutsista Andalan TNI AL di Independence Day Militery Expo 2018

YOGYAKARTA – Menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-73 Tahun 2018 Tentara Nasional Indonesia (TNI) menggelar Pameran Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) di pusat perbelanjaan kota Yogyakarta, tepatnya di kawasan Jogja City Mall (JCM) Jl. Magelang Km 4, Sinduadi, Mlati Sleman Yogyakarta.

Pameran bertajuk Independence Day Militery Expo Tahun 2018 tersebut akan berlangsung selama tiga hari, 16-19 Agustus 2018.

Dalam pameran tersebut, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta, turut berpartisipasi dengan menggelar stand yang menampilkan display dan peralatan kesenjataan yang handal dan Mutahir. Alat dan senjata tersebut biasa digunakan TNI Angkatan Laut dalam berbagai kegiatan dinas, baik latihan maupun operasi militer.

Alutsista yang dipamerkan secara khusus didukung oleh material dan personel dari Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopska) Armada II Surabaya dan Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut (Puspenerbal) Juanda Surabaya.

Menuruyt koordinator stand LANAL , Mayor Laut (PM) Adhi Kurnianto, Pameran Alutsista TNI yang digelar adalah event bergensi. Menurutnya, pemeran juga diikuti oleh satuan- satuan TNI dan Polri wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

Dikatakan Komandan Detasemen Polisi Militer (Dandenpomal) Lanal Yogyakarta ini, selain pameran dalam stand, juga ditampilkan secara langsung di lokasi, peralatan tempur seperti aneka varian panser serbu dan tank dari Kikav 2/Turangga Ceta Demak Ijo, meriam gunung M-48 76 mm dari Yon Armed Kodam IV Diponegoro, serta berbagai Kendaraan Tempur (Ranpur) TNI dan Kendaraan Taktis (Rantis) Brimobda DIY.

“Tujuan pameran ini untuk menumbuhkan semangat bela negara, rasa cinta dan nasionalisme masyarakat Yogyakarta,” kata Mayor Laut (PM) Adhi Kurnianto usai mengikuti upacara pembukaan pameran, Kamis (16/08/ 2018).

Ia menginformasikan, Komandan Lanal (Danlanal) Yogyakarta, Kolonel Laut (P) Arya Delano, S.E, M.Pd saat ini tidak dapat hadir langsung dalam stand pameran yang digelar karena berdinas dalam rangkaian upacara peringatan HUT RI ke-73 di Istana Negara Jakarta.

Dalam arahannya kepada Mayor Laut (PM) Adhi Kurnianto dan personel bertugas di pameran, Danlanal menginstruksikan agar stand Lanal Yogyakarta senantiasa dapat menampilkan yang terbaik kepada para pengunjung pameran,

“Baik dalam kesiapan dan penampilan display Alutsista sebagai bentuk pertanggungjawaban dinas/TNI Angkatan Laut kepada warga masyarakat Indonesia, khususnya masyarkat Yogyakarta yang dapat secara langsung menyaksikannya,” imbuhnya.

Sekadar informasi, upacara pembukaan pameran diikuti unsur pimpinan TNI Polri dan Forkopimda DIY. Berbagai acara meriah dan menarik diselenggarakan di lokasi pameran, diantaranya penampilan demo pesawat udara oleh Tim Yupiter Aurobatik Lanud Adi Sucipto, Marchingband dan Dampak Gendang oleh Taruna Taruni STTKD, Pengibaran Bendera Raksasa Sang Saka Merah Putih di tower JCM oleh Tim Paskhas 474 Yogyakarta, Senam Perahu Karet oleh Lanal Yogyakarta, Senam Senjata oleh Paskhas 474, Beladiri Militer Yong Mo Do serta senam bersama Maumere.

Di sisi lain, LANAL Yogyakarta dalam sepekan terakhir juga telah melaksanakan berbagai giat. Antara lain, Apel Besar Hari Jadi Pramuka TK.Provinsi DIY, Pemberangkatan Bantuan Bencana Alam Lombok NTB, Pelaksanaan Seleksi Caba dan Catam TNI AL, Pengukuhan Paskibra Provisi DIY dan Pameran Alutsista TNI Lanal Yogyakarta. (kt1)

Redaktur:  Faisal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.