Danlanal Yogyakarta Komandan Upacara Penurunan Bendera Pusaka di Istana Merdeka

JAKARTA – Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-73 Tahun 2018 digelar di Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (17/8/2018). Setelah upacara pengibaran sukses dilakukan pagi hari, pada sore harinya digelar upacara penurunan bendera pusaka Sang Saka Merah Putih.

Selaku Inspektur Upacara (Irup) pada penurunan bendera Sang Merah Putih adalah Presiden RI, Bpk. Ir. H. Joko Widodo dan bertindak selaku Komandan Upacara, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Yogyakarta, Kolonel Laut (P) Arya Delano, S.E, M.Pd,  yang merupakan alumni Akademi TNI Angkatan Laut (AAL) angkatan 42 tahun 1996.

Peringatan HUT RI ke-73 tahun ini mengangkat tema “Kerja Kita Prestasi Bangsa”, ditandai dengan upacara penaikan dan penurunan bendera merah putih serta penampilan sejumlah pertunjukan seni dan budaya dari penjuru Indonesia.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, peserta yang hadir dalam upacara mengenakan baju adat daerah dari berbagai kalangan, mulai dari TNI, Polri hingga kalangan masyarakat.

Hal itu sesuai harapan dan tujuan Presiden RI, Bpk Ir. H. Joko Widodo, yaitu menjadikan momentum upacara peringatan HUT RI ke-73 sebagai upaya mempererat persatuan dan kesatuan bangsa dari berbagai ke- bhinekaan adat dan budaya nusantara.

Upacara tahun ini juga terasa begitu spesial karena waktunya berdekatan dengan momen pembukaan Asian Games 2018 yang akan digelar pada 18 Agustus 2018 besok, sehingga diharapkan semakin memperkuat rasa nasionalisme masyarakat Indonesia.

Di sisi lain, menurut keterangan resmi dari Lanal Yogyakarta, sebelumnya serangkaian kegiatan peringatan HUT RI ke 73 telah dilaksanakan. Sebagai wujud mengenang dan menghormati jasa pahlawan perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia, Lanal Yogyakarta bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) DIY melaksanakan Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS) serta rangkaian upacara Peringatan HUT RI ke-73 Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di DIY.

“AKRS tersebut berlangsung khidmat di kompleks Taman Makam Pahlawan Kusumanegara Yogyakarta, pada 16-17 Agustus 2018,” demikian dikutip dari keterangan pers yang diterima redaksi.

Dalam AKRS, selaku Inspektur Upacara (Irup) adalah Kapolda DIY, Brigjen Pol Drs. Ahmad Dofiri. Dalam pembacaan teks ikrarnya, Kapolda DIY menyatakan hormat atas keihklasan dan perjuangan pantang menyerah para pahlawan nasional Indonesia,

“Kami bersumpah dan berjanji bahwa perjuangan saudara-saudara akan kami baktikan, serta tak lupa kami juga berdoa semoga amal saudara-saudara diterima” ucapnya. (pr)

Sumber: Penerangan Lanal Yogyakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com