Lanjutkan Agenda Bulan Pancasila, Sejumlah Elemen Kerja Bakti di Masjid Gede

YOGYAKARTA –Panitia Bersama Bulan Pancasila 2018, melaksanakan kerja bakti di kompleks Masjid Gede Mataram Kotagede Yogyakarta, Minggu (19/08/2018). Kegiatan lanjutan dibulan Pancasila yang dimulai pukul 15.30 tersebut melibatkan sejumlah komponen masyarakat antara lain Kwarda Pramuka DIY, Info Cegatan Jogja, Sekber Keistimewaan DIY serta perwakilan siswa SMAN I Banguntapan Bantul.

Ketua Panitia Bersama Bulan Pancasila, Widihasto Wasana Putra mengungkapkan, kerja bakti diselenggarakan dengan tiga tujuan utama. Pertama, kata dia, sebagai bentuk kepedulian generasi muda terhadap keberadaan Masjid Gede Mataram sebagai warisan cagar budaya adiluhung,

“Diharapkan kesadaran untuk mencintai, menjaga dan merawat bangunan cagar budaya kian tumbuh di kalangan generasi muda,” katanya di sela-sela kegiatan.

Untuk tujuan kedua, menurut Hasto, sebagai implementasi sila pertama Pancasila yakni KeTuhanan Yang Maha Esa. Kerja bakti di Masjid yang dilakukan lintas komponen, kata Hasto, memupuk relasi harmonis antar umat beragama sebagai sesama makhluk ciptaan Tuhan,

“Dan ketiga membangun interaksi  antar komponen pemuda dan pelajar agar terbina kekompakan dan spirit gotong royong dalam mengisi kemerdekaan,” imbuh Hasto yang juga Ketua Sekber Keistimewaan DIY. 

Pada kesempatan yang sama juga diserahkan bantuan hewan kurban dari Panitia Bersama Bulan Pancasila 2018 masing-masing untuk Masjid Gede Marataram dan empat Masjid Pathok Negoro yang berada di Mlangi, Plosokuning, Babadan dan Dongkelan. 

Bantuan hewan kurban diserahkan wakil panitia, Agung Murharjanto kepada bendahara takmir Masjid Gede Mataram, Warisman. 

Selain itu juga diserahkan  peralatan kebersihan berupa sapu lidi, kain pel, sekop dan keranjang sampah dari perwakilan komponen yang terlibat kerja bakti diterima oleh Mas Ngabehi Tatok Pujodiprojo. 

Agung Murharjanto dalam sambutannya berharap kegiatan kerja bakti dan bantuan hewan kurban kepada kepada sejumlah masjid Kagungan Dalem dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan golong gilig serta kegotong royongan antar warga masyarakat, 

Sedangkan perwakilan takmir Warisman mengucapkan terimakasih atas kepedulian berbagai pihak dan pihaknya akan mendistribusikan hewan kurban pada pihak yang membutuhkan. 

Sekadar mengingatkan, Masjid Gede Mataram merupakan masjid tertua di DIY. Masjid ini didirikan di masa kerajaan Mataram tahun 1640. Struktur bangunan masjid berbentuk limasan khas Jawa dengan pengaruh corak Hindu pada gapura pintu masuk. (kt1)

Redaktur: Fefin Dwi S

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.