Peringati Amanat 5 September, Rejomulia Mancing di Sepanjang Selokan Mataram

YOGYAKARTA – Relawan Jokowi KH. Ma’ruf Amin Untuk Kemuliaan Indonesia (Rejomulia) menggelar acara mincing gratis di Selokan Mataram, dengan panggung utama spot pemancingan Barek UGM, Minggu (09/09/2018). Acara yang bertajuk ‘Mancing Gratis Gerrsama’ dan dimulai pukul 09.00 tersebut diikuti ratusan penghobi memancing di Yogyakarta. Sedangkan Ikan yang ditebar adalah ikan lele sebanyak 10 ton.

Tak hanya masyarakat umum, sederet komedian terkenal Yogyakarta juga turut menghangatkan suasana Mancing Gratis. Mereka adalah Marwoto Kawer, Aldo Iwak Kebo, Rio Srundeng, Yanti Lemu, Novi Kalur dan Sugeng Iwak Bandeng. 

Kegiatan juga dihadiri sejumlah tokoh nasional, antara lain Maman Imanulhaq (Direktur Relawan Tim Kampanye Nasional Jokowi KH. Ma’ruf Amin, Ketua Relawan Bravo 5  Jendral (Purn) Fachrul Rozi, Mayjen (Purn) Heriyono Harsoyo, Sidarta Danusubroto,  

Ketua Rejomulia KH. Masrur Ahmad mengungkapkan, acara ini digelar untuk memperingati peristiwa bersejarah, yaitu Amanat 5 September 1945, moment bergabungnya Kasultanan Ngayogyakarta dan Kadipaten Pakualaman ke pangkuan Republik Indonesia,

“Acara ini untuk mengenang jasa besar swargi Sri Sultan Hamengku Buwono IX yang telah membangun Selokan Mataram yang memiliki kegunaan meluas bagi masyarakat,” ungkapnya.

Masrur menambahkan, salah satu mata acara dalam kegiatan mancing adalah deklarasi jaringan relawan Bravo 5 Daerah Istimewa Yogyakarta. Duduk sebagai ketua yakni Rumekso Setiadi, ketua Asmindo DIY, sebuah asosiasi usaha dimana presiden Jokowi juga pernah berkecimpung disana, 

“Mancing Gratis Geerrsama jadi peristiwa fenomenal dan spektakuler. Karena masyarakat mancing sepanjang lebih dari 20 kilo meter mulai dari Banyurejo Tempel hingga Sanggrahan Maguwo,” ujarnya.

Arena memancing terbagi dalam 14 spot,yakni Banyurejo, Beluran, Barongan, Mayangan, Margoluwih, Kutu Asem, Kutu Dukuh, Barek UGM, Pringwulung, Pringgolayan, Kledokan, Babarsari, Pugeran dan Sanggrahan Maguwo. 

“Mancing terbuka untuk umum, gratis, tidak perlu mendaftar, tidak dilombakan, tidak dibatasi waktu, sehingga peminat mancing membludak,” imbuhnya. 

Sebagai bentuk tanggung jawab pelaksana kegiatan, Sekretaris Rejomulia Andreas Andi Bayu di penghujung acara menyerahkan bantuan uang kepada Bangun Saputro selaku ketua RT O4 Karangasem Kocoran Caturtunggal Depok Sleman untuk jasa tenaga tukang taman membenahi sebagian taman di tepi spot pemancingan Barek UGM yang tak terhindarkan terinjak pemancing dan masyarakat yang ikut giat mancing geerrsama,

“Mohon maaf jika ada ekses kurang baik meski juga tidak kita inginken bersama. Yang penting kita ada niat memperbaiki,” pungkasnya. (kt1)

Redaktur: Faisal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.