Jelang HUT TNI, Panglima TNI Ziarah ke Makam Pangsar Jendral Soedirman

YOGYAKARTA – Panglima TNI  Marsekal TNI Hadi Tjahyanto berziarah ke makam Panglima Besar (Pangsar) Jendral Soedirman di Taman Makam Pahlawan Kusumanegara Yogyakarta, Kamis (20/09/2018). Sebelum ziarah ke makam Pangsar Jendral Soedirman, Panglima TNI terlebih dahulu ziarah ke makam Presiden ke-2 Jendral Besar Soeharto di Karanganyar Solo, dan ke makam Bung Karno Presiden pertama Indonesia di Blitar serta KH. Abdulrahman Wahid di Jombang Jawa Timur.

Menurut Panglima TNI, Rangkaian kegiatan ziarah ke Makam Pangsar Jendral besar Soedirman ini adalah merupakan rangkaian ziarah ke makam para pejuang dan pendiri bangsa dalam rangka HUT TNI ke-73 tanggal 5 Oktober 2018 mendatang.

“Kegiatan ziarah ini merupakan tradisi dan budaya yang baik dan patut untuk dilestarikan. Karena ziarah memiliki makna yang besar bagi kita sebagai generasi penerus bangsa untuk menghargai dan menghormati perjuangan para pahlawan kita dan bagaimana kita dapat melanjutkan perjuangan mereka,” tutur Panglima TNI usai ziarah.

Panglima TNI dan romkbongan tiba di Bandara Adisutjipto disambut oleh Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Wuryanto, S,Sos., M.Si., Gubernur AAU Marsda TNI Sri Mulyo Handoko, Kapolda DIY Brigjen Polk Ahmad Dofiri, Danrem 072/Pmk Brigjen TNI Muhammad Zamroni, Danlanud Adisutjipto Marsma TNI Tedi Rizalihadi dan Danlanal Yogyakarta Kolonel Laut (P) Arya Delano.

Setelah istirahat sejenak,  Panglima TNI dan rombongan menuju Taman makam Pahlawan Kusumanegara melaksanakan ziarah. Kegiatan diawali dengan penghormatan kepada arwah para Pahlawan dan peletakan karangan bunga. Selanjutnya melaksanakan do’a bersama dan tabor bunga di pusara makam Pangsar Jendral Soedirman, dilanjutkan dengan acara tabur bunga ke Makam Jendral Urip Sumoharjo dan Makam Menteri Supeno.

Selesai acara doa bersama dan tabur bunga, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahyanto memberikan bingkisan kepada Juru kunci Makam Pahlawan Kusumanegara bapak Junaidi  yang diberikan oleh Ibu Panglima.

Turut hadir dalam rombongan ziarah Panglima TNI Kasad Jendral TNI Mulyono, Kasal Laksmana TNI Siwi Sukma Adji, Kasau Marsekal TNI YuyuSutisna, Ketua Dharma Pertiwi, Ketua Persit KCK, Ketua Jalasenastri, Ketua Pia Ardhyagarini, Irjen TNI, Pangkostrad, Dansesko TNI, Danjen Akademi TNI, Danjen Kopassus, Dankorpaskhas, Dankormar, Pangkoops AU, Para Asisten Panglima TNI, Kapuspen TNI, Kapolda DIY dan dari Pemda DIY.

Selesai ziarah di Taman Makam Pahlawan Kusumanegara Panglima TNI melanjutkan kunjungan ke Museum Sasmitaloka Panglima Besar Jendral Soedirman. (kt1)

Redaktur: Faisal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com