Prajurit Kodim Yogyakarta Ikuti Pembinaan Tata Ruang Wilayah Pertahanan Darat

YOGYAKARTA –  Para Danramil, Perwira staf, Babinsa perwakilan dari seluruh Kelurahan Jajaran Kodim 0734/Yogyakarta mengikuti kegiatan Pembinaan Tata Ruang Wilayah Pertahanan Darat, di Aula Makodim Jalan JL. AM Sangaji No. 55 Jetis, Yogyakarta, Jumat (21/09/2018) pagi.

Sebagai nara sumber dalam kegiatan tersebut dihadirkan Kepala Bidang Pengaturan dan Pembinaan Tata Ruang Kota Yogyakarta, Danang Yuli Saksono, S.T., M.T

Dandim 0734/Yogyakarta, Letkol Inf Bram Pramudia, SE dalam sambutannya yang diwakili oleh Danramil 06/Mergangsan Mayor Inf Sutrisno mengatakan, tujuan kegiatan adalah untuk memberikan petunjuk atau gambaran secara umum kepada satuan jajaran Kodim 0734/Yogyakarta dalam melaksanakan Tata Ruang Wilayah Pertahanan Darat di wilayah, agar berjalan tertib, aman, lancar, serta mencapai hasil yang optimal.

“Bahwa dalam mengemban amanah UU RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, salah satu tugas TNI AD adalah melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat dengan menyiapkan segala potensi dan sumber daya yang ada secara dini untuk kepentingan pertahanan negara di darat,” kata Mayor Sutrisno menyampaikan amanat Dandim.

Menurut amanat Dandim, dalam Sistem Pertahanan Semesta (Sishanta), TNI sebagai komponen utama yang juga mempersiapkan sumber daya nasional sebagai komponen cadangan dan komponen pendukung. Sebagai upaya meningkatkan potensi sumber daya nasional menjadi kekuatan Ruang, Alat dan Kondisi Juang yang tangguh, maka perlu dilakukan pembinaan teritorial yang melibatkan seluruh komponen bangsa,

“Salah satu kegiatan untuk mewujudkannya adalah dengan Komunikasi Sosial (Komsos), Bakti TNI dan Pembinaan Perlawanan Wilayah. Melalui pembinaan RT, RW kita tingkatka sinergitas RT, RW pertahanan darat dengan RT, RW pemerintah daerah dalam mewujudkan keserasian, keselarasan, dan keterpaduan dalam pembangunan demi kepentingan, kesejahteraan dan pertahanan Negara,” pungkas Mayor Sutrisno. (wah)

Redaktur: Fefin Dwi S

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.