Stand Pameran Sistem Senjata Armada Terpadu Lanal Yogyakarta Dibanjiri Warga DIY

YOGYAKARTA – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta-Lantamal V turut serta dalam Pameran Alat Utama Sistem Senjata Tentara Nasional Indonesia (Alutsista TNI) wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) di shelter Delta Lanud Adisutjipto, Sabtu dan Minggu (6-7/10/2018).

Acara tersebut digelar dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI Ke-73 Tahun 2018 dengan tema “Profesionalisme TNI Untuk Rakyat”.

Stand pameran Lanal Yogyakarta dengan Ketua Koordinator oleh Komandan Detasemen Polisi Militer (Dandenpomal) Mayor Laut (PM) Adhi Kurnianto mengusung konsep Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) terdiri dari unsur Kapal Perang Republik Indonesia (KRI), Pesawat Udara (Pesud), Marinir dan Pangkalan menampilkan berbagai jenis persenjataan baik senjata ringan personel sampai dengan torpedo anti kapal selam, replika KRI berbagai tipe serta kendaraan taktis (Rantis) dan kendaraan tempur (Ranpur) dari Komando Pasukan Katak (Kopaska) dan Korps Marinir sukses dibanjiri ribuan masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya.

Dalam kesempatan meninjau pelaksanaan pameran stand Lanal Yogyakarta, Danlanal Yogyakarta menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh personel dalam menyiapkan stand pameran dengan baik. “Bahwa kegiatan ini adalah momentum tepat bagi TNI Angkatan Laut khususnya Lanal Yogyakarta untuk menunjukkan gelar kekuatan dan bukti nyata peningkatan kemampuan serta modernisasi alutsista TNI Angkatan Laut yang dikemas dalam konsep SSAT, selain itu agar unsur TNI dan masyarakat Yogyakarta mengetahui bagaimana kehandalan pasukan dan alat-alat tempur kita karena sudah dihadirkan lengkap di pameran SSAT ini”, ujar Danlanal Yogyakarta.

Pengunjung tidak hanya bisa foto bersama personel berseragam dan bersenjata lengkap ala Marinir dan Pasukan Katak saja, namun warga Yogyakarta dapat menyaksikan langsung peralatan tempur Marinir antara lain tank amphibi BMP 3F, panser amphibi LVTP 7, roket vampire RM 70 -40 laras serta diberikannya kesempatan merasakan ikut naik tank dan panser berkeliling sekitar area pameran, hal ini bagi warga Yogyakarta merupakan moment langka dan sangat memberikan kesan positif dalam ikut merayakan peringatan HUT TNI Ke-73 ini.

Selain ikut mensukseskan pameran alutsista TNI, Danlanal beserta prajurit dan keluarga besar Lanal Yogyakarta bersama unsur pimpinan TNI wilayah Yogyakarta yakni Gubernur AAU, Danrem 072/Pmk, Danlanud Adisucipto, Kapolda DIY, Danlanal Yogyakarta, SKPD DIY serta komunitas olah raga masyarakat Yogyakarta turut serta dalam kegiatan Four Fun HUT TNI meliputi Fun Run, Fun Walk, Fun Bike dan Fun Air Show yang digelar pada Minggu pagi dengan titik star di musium Dirgantara TNI AU dan finish di panggung utama yang berada di area pameran Alutsista Lanud Adisutjipto.

Rangkaian kegiatan pameran alutsista TNI wilayah Yogyakarta berlangsung dengan sukses dan aman. Beberapa moment positif dicapai Lanal Yogyakarta antara lain pada upacara resmi pembukaan dilaksanakannya Joint Ride pejabat TNI dan SKPD DIY menggunakan Ranpur tank dan panser amphibi Marinir berkeliling dihadapan peserta upacara, tampilnya Danlanal Yogyakarta saat didaulat sebagai mayoret marching band Gita Dirgantara Taruna AAU memaikan lagu-lagu mars khas taruna TNI terlaksana dengan baik dan mendapat apluse meriah dari hadirin, kesempatan warga Yogyakarta dapat ikut naik tank dan panser amphibi Marinir serta membanjirnya pengunjung di stand SSAT Lanal Yogyakarta selama pameran digelar. Beberapa hal positif dicapai tersebut diharapkan dapat meningkatkan kebanggaan dan citra bagi TNI/TNI Angkatan Laut khususnya Lanal Yogyakarta sesuai tema HUT TNI “Profesionalisme TNI Untuk Rakyat”.

Sebelumnya, upacara resmi pembukaan pameran pada Sabtu pagi oleh Gubernur Akademi Angkatan Udara (AAU) Marsda TNI Sri Mulyo Handoko, S.Ip, M.AP dengan pejabat dan undangan hadir antara lain Ketua DPRD DIY Ir. Yorke Agung Laksono, Danrem 072/Pmk Brigjen TNI M. Zamroni, S.Ip, Danlanud Adisucipto Marsma TNI Ir Teddy Rizalihadi, S.Ip, Kapolda DIY Brigjen Pol Drs. Ahmad Dofiri, Danlanal Yogyakarta Kolonel Laut (P) Arya Delano, S.E, M.Pd, para ketua elemen masyarakat serta Ibu Dharma Pertiwi Daerah D wilayah DIY.

Dalam sambutannya, Gubernur AAU mengatakan kegiatan pameran yang diikuti unsur TNI wilayah Yogyakarta ini bertujuan untuk menunjukkan kecanggihan alutsista yang dimiliki oleh TNI serta sebagai bentuk pertanggungjawaban TNI kepada rakyat Indonesia khususnya warga masyarakat Yogyakarta dengan harapan semakin terwujudnya semangat patriotisme dan nasionalisme terhadap TNI yang kuat, handal, disegani dan dicintai rakyat serta sebagai bukti kesiapan TNI dalam menjaga NKRI. (*)

Sumber: Pen Lanal Yogyakarta

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com