Diikuti Alumni Berbagai Daerah, KFJS Jogja Refleksikan Sumpah Pemuda di Negeri Atas Awan

YOGYAKARTA – Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) pegiat KAHMI Forever Jalan Sehat Yogyakarta (KFJS Jogja) memperingati hari Sumpah Pemuda di Puncak Bukit Sikunir, Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah, Minggu (28/10/2018).

Dalam KFJS Jogja Goes To Dieng yang diikuti alumni HMI dari berbagai daerah di Indonesia ini, peserta merefleksikan sumpah pemuda dengan shalat Subuh berjama’ah di puncak tertinggi Dieng. Selanjutnya, peserta ber-tafakur melihat sun set (matahari terbit) yang merupakan salah satu bukti keagungan Allah SWT di bukit yang juga dikenal dengan negeri atas awan.

Koordinator KFJS Jogja Goes to Dieng, Media Agustina mengungkapkan, 28 Oktober adalah hari bersejarah yang merupakan embrio kemerdekaan Republik Indonesia. Menurutnya, dipilihnya Dieng sebagai lokasi KFJS adalah sebagai bentuk apresiasi pegiat KFJS terhadap pariwisata alam dan budaya yang menjadi kekayaan Bangsa Indonesia,

“Di hari bersejarah ini, dimana 28 Oktober 1928 silam pemuda dari seluruh nusantara berkumpul dan menyatakan bersatu dalam satu tanah air, satu bangsa dan satu bahasa Indonesia, kami menuju puncak Bukit Sikunir untuk merefleksikan sumpah pemuda. KFJS kali ini juga diikuti alumni HMI dari berbagai daerah. Harapannya para pegiat KFJS akan terus mewarisi semangat para pemuda terdahulu dalam menjaga keutuhan dan kemerdekaan bangsa Indonesia,” ungkapnya di sela-sela acara KFJS.

Dikatakan Media, Dieng merupakan dataran tertinggi di Pulau Jawa yang sarat pesona alam dan budaya dan menjadi salah satu diantara ribuan kekayaan milik Bangsa Indonesia. Meski perjalanan menuju Bukit Sikunir yang ditempuh dengan jalan kaki cukup melelahkan, kata Media, namun belum seberapa lelah jika dibandingkan perjalanan para pejuang bangsa,

“Dengan jalan sehat menuju bukit Sikunir kemudian shalat Subuh berjamaah dilanjutkan bertafakur menyaksikan matahari terbit, mudah-mudahan akan semakin membangkitkan jiwa dan semangat serta rasa syukur atas anugerah Allah SWT di dunia, terutama anugerah kemerdekaan dan kekayaan alam bangsa Indonesia,” Harap Media.

Setelah dari puncak Sikunir, acara KFJS Goes to Dieng dilanjutkan dengan jalan sehat di kawasan wisata Kawah Sikidang, Kompleks Candi Arjuna dan terakhir di Telaga Warna.

Beberapa alumni HMI dari berbagai cabang di Indonesia yang meramaikan KFJS Jogja Goes to Dieng antara lain Hasan Al Alydrus (Alumni HMI Cabang Sorong Papua), Delfi (Alumni HMI Cabang Padang Sumatera Barat), Muhammad Taufiq Nur Hidayat (alumni HMI Cabang Bulaksumur DIY), Lia Kustiandi (Alumni HMI Cabang Yogyakarta), Raisika (Alumni HMI Cabang Bandar Lampung), Fefin Dwi Setyawati (Alumni HMI Cabang Purwokerto Jawa Tengah), Syarifudin El Aziz (mantan Ketua Cabang Yogyakarta), Fitriani Nasution dan Romi Novrizal Kasim (mantan Pengurus HMI Cabang Yogyakarta) beserta keluarganya.

“KFJS Jogja selama ini menggelar jalan sehat di lokasi-lokasi yang berhubungan dengan pemberdayaan masyarakat di Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan sekitarnya. KFJS Jogja selain concern dalam kegiatan kesehatan, juga  sosial dan budaya,” tutup Media Agustina. (rd)

Redaktur: Ja’faruddin. AS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com