Syukuran HUT LVRI Ke 62, Veteran Ingin Pemilu Sukses Demi Tegaknya NKRI

SLEMAN – Para veteran memperingati Hari Ulang Tahun Legiun Veteran Republik Indonesia (HUT LVRI) ke-62 Tahun 2019 di Gedung Serba Guna (GSG) Lanud Adi Sucipto Yogyakarta, jalan Janti Baru Yogyakarta, Selasa (02/01/2019).

Ketua DPD Legium Veteran  Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Mayjen TNI Purn H. Bachrul Ulum, S.I.P., M.Si, mengatakan peringatan HUT LVRI diselenggarakan sebagai bentuk penghormatan sekaligus refleksi nilai-nilai kejuangan Veteran RI bagi generasi sekarang dan generasi mendatang. 

Menurut Bachrul, HUT LVRI kaliini mengambil tema “Legiun Veteran Republik Indonesia Bertekad Menyukseskan Pemilu dengan Menjaga Persatuan Dan Kesatuan Demi Tegaknya NKRI”. Hal itu menurutnya sebagai bentuk komitmen Veteran untuk tetap berjuang demi tegaknya NKRI,

“Kami para veteran bertekad menyukseskan Pemilu dengan Menjaga Persatuan Dan Kesatuan Demi Tegaknya NKRI. Ini juga perjuangan,” tuturnya.

Dijelaksan  Bachrul, LVRI merupakan organisasi yang anggotanya adalah warga Negara Republik Indonesia yang ikut secara aktif dalam sesuatu peperangan membela Kemerdekaan dan NKRI menghadapi Negara lain,

“Juga mereka yang ikut dalam masa revolusi fisik antara 17 Agustus 1945 sampai 27 Desember 1949 untuk memepertahankan Republik Indonesia,” ungkapnya.

Selain itu, kata Bachrul,  veteran juga adalah mereka  ikut aktif dalam perjuangan pembebasan Irian Barat melakukan Trikora sejak 10 Desember 1961 sampai dengan 1 Mei 1963, dan juga yang ikut melakukan tugas Dwikora langsung secara aktif dalam operasi-operasi/pertempuran dalam kesatuan-kesatuan bersenjata serta mereka yang ikut aktif dalam perjuangan Seroja dalam kurun waktu tanggal 20 Mei 1075 sampai dengan 17 Juli 1976, 

“Veteran sendiri terbagi dalm tiga klasifikasi yaitu, Veteran Pejuang Kemerdekaan (Veteran 45), Veteran Pembela Kemerdekaan, dan Veteran Perdamaian,” imbunya.

Hadir dalam acara, sejumlah pejabat TNI di wilayah DIY, antara lain, Komandan Kodim 0734/Yogyakarta Letkol Inf Bram Pramudia, S.E.

Peringatan HUT ke-62 Legium Veteran Republik Indonesia DPD Yogyakarta, diisi dengan acara doa bersama dan juga Pemotongan tumpeng oleh ketua DPD Legium Veteran Prop DIY, Mayjen TNI Purn H. Bachrul Ulum, S.I.P., M.Si di dampingi Ibu Piveri, yang selanjutnya diserahkan kepada perwakilan anggota LVRI.(kt1)

Redaktur: Faisal

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.