Babinsa Kretek dan Pajangan Terjun Bantu Atasi Dampak Banjir dan Longsor

BANTUL – Hujan deras yang melanda Kabupaten Bantul sepanjang hari Minggu (17/03/2019) kemarin, menyebabkan banjir dan longsor di beberapa wilayah kecamatan, diantaranya  di Kretek dan Pajangan.

Di Kecamatan Pajangan, tanah longsor menimbun rumah Abdul Cholik Azis di Dusun Butuh Lor RT 03, Desa Triwidadi. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Menurut Cholik, longsor yang menimpa trumahnya terjadi Minggu malam sekira Pukul 21.00 WIB,

“Kemarin hujan deras hampir sepanjang hari, sehingga tebing dekat rumah longsor,” ujarnya, Senin (18/03/2018)

Babinsa Triwidadi, Serka Sugiyono dan Sertu Agus Pamungkas yang mendengar informasi rumah Cholik terkena longsor, segera mengecek. Kemudian, setelah menerima laporan, Danramil 18/Pajangan Kapten Chb Sarmin segera menerjunkan anggotanya yang lain untuk memberikan bantuan,

“Anggota Koramil Pajangan turut bergotong royong dengan Babinkamtibmas Polsek Pajangan dan warga masyarakat membersihan lokasi longsor yang menimpa rumah serta mengevakuasi barang-barang milik korban terdampak,” kata Kapten Chb Sarmin.

Hujan deras Minggu kemarin juga menyebabkan sungai-sungai yang ada di wilayah Kecamatan Kretek, Bantul meluap. Akibatnya, ruas jalan utama menuju tempat rekreasi pantai parang tritis terendam sekira 60 meter sehingga tidak dapat dilalui kendaraan.

Pantauan di lapangan, titik-titik yang terendam banjir diantaranya ruas jalan, perkampungan, persawahan dan sekolah serta kantor kantor. Adapun Upaya yang dilakukan yaitu dengan melangsir dengan kendaraan truck.

Untuk sementara warga masyarakat yang terdampak banjir diungsikan di SD Kanisius. Pemerintah Desa juga sudah mendirikan dapur umum untuk logistik para pengungsi.

Anggota Koramil 13/ Kretek turut membantu mengatasi dampak bencana alam tersebut bersama-sama masyarakat, seperti membantu pamong desa mengamankan dokumen, di kantor balai desa yang terendam banjir. (kt3)

Redaktur: Faisal

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.