Tingkatkan Kemampuan Prajurit, Satlinlamil Jakarta Latihan OGK

JAKARTA –  Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Jakarta telah menggelar Latihan Operasi (Latops) Matra Laut berupa Latihan Olah Gerak Kapal (OGK). Latihan olah gerak kapal yang berlangsung selama 7 hari dan ditutup oleh Dansatlinlamil Jakarta selaku Perwira Pemimpin latihan (Papelat) di Satlinlamil Jakarta Mako Kolinlamil Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (21/3).

Latihan setingkat L1/P1 ini bertujuan untuk memelihara, meningkatkan dan menguji kemampuan perorangan prajurit Satlinlamil guna mencapai kemampuan standard prajurit dan kemampuan khusus jabatan yang ditetapkan. Sedangkan sasaran yang ingin dicapai dalam latihan ini, yang pertama adalah tercapai dan terpeliharanya personel Satlinlamil Jakarta sesuai standard prajurit matra laut; dan kedua tercapai dan terpeliharanya kemampuan melaksanakan tugas-tugas dalam jabatan di satuannya. Hal ini tertuang dalam Perintah Latihan (Prinlat) Panglima Kolinlamil Laksda TNI Heru Kusmanto, S.E., M.M. yang menjadi dasar pelaksanaan latihan.

Olah Gerak Kapal (OGK) adalah salah satu kemampuan dasar yang mutlak dimiliki setiap perwira korps Pelaut, dimana berisikan materi tentang cara lepas sandar dermaga, membuat track pelayaran, Peraturan Pencegahan Tubrukan di Laut (PPTL) dan Pertolongan orang jatuh di laut Man Over Board (MOB). Seluruh perwira korps pelaut Satlinlamil turut ambil bagian dalam latihan yang dilaksanakan dengan metode Klasikal (Pembekalan materi latihan), dilanjutkan manuver lapangan (Praktek).

Komandan Satlinlamil Jakarta Kolonel Laut (P) Hery Winarno, S.E. saat menutup latihan ini menyampaikan bahwa “secara umum latihan operasi matra laut triwulan I dengan materi OGK ini berjalan dengan aman dan lancar,

materi yang ajarkan dapat di laksanakan oleh peserta latihan saat melakukan manuver atau praktek, dan yang terpenting adalah keamanan tidak terjadi kerugian personel dan materil.” tutupnya. (pr)

Sumber: Dispen Kolinlamil

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com