LANAL Yogyakarta Turut Sambut Kunjungan Siswa Lemhanas RI

 

 

YOGYAKARTA – Dalam kesempatan tersebut Danlanal Yogyakarta, Kolonel Marinir Bambang Adriantoro diwakili oleh Perwira Pelaksana (Palaksa) Lanal Yogyakarta Letkol Laut (P) R. Haryo Haryo Wiji Pratomo, S.H.,M.Mar.Stud menyampaikan materi kepada  Siswa Studi Strategi Dalam Negeri (SSDN) Program Dikreg Angkatan LIX TA. 2019 Lemhamnas RI yang berkunjung ke Yogyakarta.

Tema yang disampaikan Danlanal adalah Penyelenggaran Pertahanan dan Pembinaan Potensi Maritim di Wilayah Kerja Lanal Yogyakarta yang meliputi permasalahan dan kerawanan maritim serta upaya pembinaan potensi maritim dalam meminimalkan potensi kerawananan dan ancaman.

Seperti diketahui, sebanyak 32 Siswa SSDN Program Dikreg Angkatan LIX TA. 2019 Lemhamnas RI berkunjung ke Yogyakarta selama 5 hari, sejak Senin (01/07/2019) hingga Jumat  (05/07/19).

Dalam kunjungannya siswa SSDN yang dipimpin  Mayjen TNI Sonhaji, S.I.P, M.M selaku Tenaga Pengkaji Bidang Geostrategi dan Tannas Lemhanas RI diterima jajaran Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta Lantamal V bersama unsur TNI Polri dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Gubernur Lemhannas RI dalam sambutannya yang dibacakan oleh Mayjen TNI Sonhadji, S.I.P., M.M. mengatakan bahwa SSDN Program Dikreg Angkatan LIX Th. 2019 Lenhamnas RI merupakan salah satu program kegiatan yang dirancang untuk memberikan kesempatan kepada para peserta guna mempelajari, memahami dan mengkaji potensi serta berbagai permasalahan yang dihadapi daerah dari aspek kesejahteraan dan keamanan,

“Dengan harapan dapat mengetahui pembangunan nasional dan ketahanan nasional serta permasalahan-permasalahan yang dihadapi DIY,” ujarnya.

Secara bergantian pejabat TNI wilayah DIY melaksanakan paparan materi, selain oleh Danlanal Yogyakarta, juga oleh Danrem 072/Pamungkas dilanjutkan paparan materi oleh Danlanud Adisupcito, yang memaparkan materi terkait gambaran umum Penyelenggaraan Pertahanan dan Pembinaan Potensi Wilayah Kerja sesuai matra masing-masing.

Agenda kunjungan diantaranya audensi kepada Gubernur DIY di komplek Kepatihan Pemprov DIY dilanjutkan kegiatan kunjungan di UGM. Pada tanggal 2 Juli 2019 kegiatan dilanjutkan pertemuan dengan unsur TNI wilayah DIY bertempat di aula Makorem 072/Pamungkas, kunjungan ke Mapolda DIY, kunjungan ke Ekowisata Gunung Api Purba, Embung dan Taman Teknologi Pertanian Nglangenan di Kabupaten Gunungkidul, kunjungan di Taman Breksi dan Candi Prambanan Kabupaten Sleman serta kunjungan ke kantor Pemda Kulonprogo dan bandara baru Yogyakarta Internasional Airport (YIA) di Kabupaten Kulonprogo.

Rangkaian kunjungan di DIY selesai pada Jumat (05/07/2019) selanjutnya rombongan siswa Lemhanas RI kembali ke lembaga untuk melanjutkan program studi selanjutnya. (pr)

Sumber: Penlanal

Redaktur: Faisal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.