TTMD Tahap II Kodim Yogyakarta Sasar Kelurahan Sorosutan

YOGYAKARTA – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Tahap II Tahun 2019 Komando Distrik Militer (Kodim) 0734/Yogyakarta resmi dimulai, Kamis (11/07/2019). Sasaran TMMD Kali ini dipusatkan di Kelurahan Sorosutan, Kecamatan Umbulharjo. 

Komandan Kodim 0734, Letkol Inf Wiyata Semprana Aji  mengatakan, TMMD Kelurahan Sorosutan ini merupakan tahap kedua, setelah sebelumnya TMMD tahap pertama dilaksanakan di Kecamatan Kotagede, Jogja. Dalam TMMD kali ini, ada beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan, seperti memugar satu balai RW, lima unit RLTH dan satu unit fasilitas mandi cuci kakus (MCK).

Menurutnya, TMMD merupakan bagian dari Operasi Bhakti TNI sebagai salah satu metode pembinaan teritorial dalam membantu pemerintah memantapkan ketahanan nasional yang dilakukan secara berkesinambungan guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat,

“Pemberdayaan wilayah pertahanan diwujudkan dalam pembinaan teritorial [binter] yang bertujuan menciptakan ruang, alat dan kondisi juang serta kemanunggalan TNI dan rakyat untuk kepentingan pertahanan,” katanya, usai upacara pembukaan yang dilaksanakan di Lapangan Sidokabul, Sorosutan.

Dijelaskan Wiyata kegiatan yang akan berlangsung selama satu bulan tersebut tidak hanya difokuskan pada pembangunan fisik, tetapi juga nonfisik, seperti pemberdayaan masyarakat, penyuluhan toleransi, bela negara, dan persoalan KDRT dan lainnya.

Selain dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta, dalam TMMD kali ini Kodim 0734/Yogyakarta juga mengajak komunitas pemuda Kota Yogyakarta, khususnya warga Sorosutan untuk turut aktif dalam program tersebut. Personil yang terlibat dalam TMMD, kata dia, terdiri dari berbagai unsur,

“Dari TNI ada 100 pasukan yang terlibat, kami harapkan dari warga juga bisa terlibat supaya lebih guyub,” imbuh Wiyata.

Upacara pembukaan TMMD dihadiri Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi. Dalam kesempatan tersebut Heroe mengatakan TMMD membantu pemerintah mengakselerasi pembangunan di masyarakat, mengembangkan dan meningkatkan wilayah teritorial serta memberdayakan masyarakat dengan fokus ke wilayah sasaran.

Ia melihat TMMD menjadi wujud kemanunggalan TNI dan rakyat, sesuai visi TNI, yakni Bersama Rakyat, TNI Kuat,

Menurutnya, TMMD selain mengakselerasi pembangunan juga akan menimbulkan multiplier effect di sektor-sektor lainnya. Dalam hal peningkatan sumber daya manusia, ia berharap masyarakat semakin cerdas, terampil, kreatif dan inovatif untuk membangun wilayahnya masing-masing,

“Dengan semangat gotong royong tinggi kerja sama yang erat dan saling mendukung dari semua unsur, TMMD akan terlaksana dengan efektif,” tukasnya.

Sementara itu, Lurah Sorosutan, Kresna Irianto, menyambut baik TMMD ini. Menurutnya selama ini, Kelurahan Sorosutan sudah kerap bekerja sama dengan TNI. Ia berharap  dengan kegiatan TMMD ini, hubungan warga dengan TNI menjadi lebih baik,

“Bisa semakin harmonis dan romantis,” ujarnya. (kt1)

Redaktur: Faisal

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com