Komunikasi Sosial Kreatif Korem 072 Pamungkas Gelar Lomba Musik Jalanan dan Tari Kreasi Perjuangan

YOGYAKARTA – Ratusan pelajar dan pemusik unjuk gigi ramaikan gelaran Komunikasi Sosial Kreatif yang diselenggarakan oleh Korem 072/Pamungkas, Yogyakarta, Rabu (28/08/2019) di Pendopo Monumen Diponegoro, Yogyakarta.

Acara ini diikuti para pelajar dan pemusik jalanan perwakilan dari Kodim sejajaran Korem 072/Pamungkas.

Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Muhammad Zamroni dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Staf (Kasrem) Korem 072/Pmk Kolonel Kav Puji Setiono, mengatakan, tujuan diselenggarakan lomba musik jalanan, tari kreasi perjuangan dan melukis ini untuk memelihara dan meningkatkan hubungan TNI AD dengan masyarakat dan para pelajar dibidang pertahanan serta kesenian,

“Yang sekaligus untuk mengangkat seni musik jalanan, kreasi tari perjuangan dan melukis yang ada di masyarakat,” katanya dalam keterangan pers yang diterima redaksi.

Ia berharap dengan kegiatan ini akan tumbuh dan terbentuk jiwa dan karakter bangsa yang semakin kuat dan handal dikalangan masyarakat dan pelajar, untuk bersama-sama membangun Indonesia menjadi bangsa yang maju, berdaulat dan berkepribadian.

Dikatakan Danrem, lomba musik jalanan, tari kreasi perjuangan dan melukis dilaksanakan secara berjenjang dari tingkat Kodim, Korem dan Kodam. Menurutnya, di tingkat Kodim sebelumnya telah dilaksanakan seleksi pada minggu kedua bulan Agustus 2019 dan juaranya mewakili Kodim di jajaran Korem 072/Pamungkas,

“Hasil kegiatan di tingkat Korem ini, mereka yang keluar sebagai pemenang, akan mewakili Korem 072/Pmk dalam ajang yang sama di tingkat Kodam IV/Diponegoro,” terangnya.

Komunikasi sosial kreatif Korem 072/Pamungkas mengambil tema, Melalui kegiatan komsos kreatif, kita tingkatkan rasa cinta tanah air, wawasan kebangsaan dan kesadaran berbangsa dan bernegara serta menjaga dan mempertahankan kedaulatan NKRI menggelar Tari Kreasi Perjuangan, Melukis dan Musik Jalanan, diikuti 11 peserta perwakilan Kodim jajaran Korem 072/Pamungkas.

Selain itu, Danrem juga berharap melalui lomba yang dikemas dalam Komunikasi Sosial kreatif ini dapat mewadahi generasi muda khususnya para pelajar dan para seniman yang memiliki bakat atau kemampuan seni tari, seni musik dan seni lukis,

“Melalui lomba ini juga dimaksudkan akan semakin meningkatkan tali silaturahmi antara prajurit TNI dengan segenap pelajar, seniman dan seluruh komponen masyarakat dalam rangka mewujudkan cegah tangkal radikalisme,” tandasnya. 

Selain itu lomba ini juga bertujuan untuk menciptakan generasi penerus yang inovatif dan kreatif sehingga muncul bibit- bibit baru dalam bidang kebudayaan yang akan membawa nama baik bagi sekolah, daerah bahkan negara, dalam kontes lomba seni dan budaya,

“Dan juga untuk mempertahankan dan mengangkat kearifan budaya daerah, menanamkan kecintaan dan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia yang memiliki keragaman budaya, untuk menumbuhkan kreatifitas generasi muda dengan senantiasa menjunjung tinggi kreatifitas budaya dan kearifan lokal serta untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan patriotisme para pelajar sebagai generasi penerus bangsa,”imbuh Danrem dalam sambutan tertulisnya.

Ia menambahkan, perlombaan di bidang seni ini bukan hanya sekedar untuk mencari juara semata, namun lebih jauh untuk menjalin silaturahmi dan komunikasi antara TNI dan masyarakat, sehingga apa yang menjadi cita-cita TNI yaitu Manunggal TNI dan Rakyat dapat terjalin dan terpelihara dengan baik.

“Mari kita jaga, rawat dan pelihara bangsa ini dari upaya-upaya penghancuran dan rongrongan dari pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. Negara Indonesia bukan milik perorangan dan golongan serta agama tertentu, melainkan milik kita bersama. Sebagai generasi muda kita harus mampu mempersatukan Bangsa Indonesia dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kokoh dan kuat, untuk semua ini TNI tidak bisa berjalan sendiri tanpa dukungan dari semua pihak,” ajak Danrem. 

Adapun Pemenang dalam ajang Komsos kreatif di masing-masing lomba, Tari kreasi perjuangan, Juara I dari SMK N Kasihan Bantul perwakilan Kodim 0729/Bantul, Juara II  SMK N 1 Karanganyar Kebumen perwakilan dari Kodim 0709/Kebumen, Juara III dari SMA N 7 Purworejo perwakilan dari Kodim 0708/Purworejo.

Musik Jalanan, Juara I dari grup RVV Kustik perwakilan Kodim 0734/Yogyakarta, Juara II dari grup Musik Srawung Krumpyung perwakilan Kodim 0731/Kulonprogo, Juara III dari grup Jagad Nusantara Selopampang perwakilan Kodim Kodim 0706/Temanggung.

Lomba melukis, Juara 1 Luvena F SMA N 5/Yogyakarta perwakilanh Kodim 0734/Yogyakarta, Juara 2 Fajar Permadi SMA N I Kebumen perwakilan Kodim 0709/Kebumen, Juara 3 Bambang Sulityo A SMKN I Temanggung perwakilan dari Kodim 0706/Temanggung. (kt1)

Redaktur: Faisal

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.