Peringati 100 Tahun Milad TK ABA, 800 Anak Se Kalasan Senam Masal

SLEMAN – Peringati 100 Tahun Milad Taman Kanak Kanak (TK)  Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA), sekira 800 anak usia dini se Kecamatan Kalasan melaksanakan senam masal di lapangan dusun Bayen, Purwomartani, Kalasan, Sabtu (28/09/2019). Peserta merupakan siswa dari 13 lembaga TK, Kelompok Bermain (KB) dan Taman Penitipan Anak (TPA)  di bawah naungan Aisyiyah.

Ketua Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) Kalasan, Dra. Hj. Siti Nurdiati, M.Pd.I, mengungkapkan, amal usaha Aisyiyah dibidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), tak hanya TK, namun juga KB, dan TPA. Menurutnya, hal itu merupakan wujud komitmen Aisyiyah dalam mencerdaskan kehidupan anak bangsa,

“Sejak berdiri pada tahun 1919 TK Aisyiyah Bustanul Athfal telah mendidik ribuan anak indonesia dan berkembang menjadi manusia yang cerdas, saleh, dan berkarakter,” ungkapnya usai senam bersama.

Siti menjelaskan, komitmen Aisyiyah dalam menyelenggarakan PAUD memiliki dasar filosofis dan nilai islami yang berorientasi pada pembentukan insan kamil. Pendidikan anak usia dini,kata dia, merupakan dasar pembentukan karakter akhlak mulia yang bercirikan insan yang imannya kuat, berbasis tauhid dan takwa yang melahirkan kesalehan, berbudi pekerti, luhur, cerdas berilmu,mandiri, bersosial, serta berguna bagi sesama serta lingkungannya.

“Usia 100 tahun tak bisa dibilang muda lagi. Dalam sebuah organisasi, usia 100 tahun menandakan eksistensi dan tingkat kematangan yang tidak bisa dipungkiri. Sejarah telah merekam jejak Aisyiyah dalam membangun pendidikan anak usia dini di Indonesia,” katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia kegiatan, Nani Sukaryani, S.Pd.I mengatakan, serangkaian acara telah digelar dalam memperingati 100 tahun TK ABA.

Beberapa kegiatan tersebut antara lain, seluruh TK ABA menggerakkan guru membacakan buku cerita untuk anak di sekolah dan juga mengajak seluruh orang tua murid untuk melakukan gerakan literasi anak bersama orang tua,

“Cerita berhikmah dan kisah teladan yang dibacakan oleh guru dan orang tua itu diharapkan membangun karakter positif anak,” ujarnya.

Untuk membangun kreativitas anak, TK ABA juga melaksanakan gerakan hand printing atau cap tangan anak pada kain panjang dan memberi warna pada simbol tulisan Aisyiyah. Menurutnya kegiatan senam missal yang digelar hari ini merupakan puncak acara yang menandai kiprah TK ABA di Kalasan khususnya,

“Seluruh rangkaian kegiatan ini merupakan kado 100 tahun milad TK ABA dalam membangun negeri dalam rangka mewujudkan PAUD berkualitas dan berkemajuan,” tandasnya.

Ketua Ikatan Guru ABA Kalasan, Sukaesih, S.Pd.AUD menambahkan, kegiatan memperingati 100 tahun TK ABA bertujuan memperkenalkan kepada masyarakat tentang kegiatan pendidikan anak usia dini Aisyiyah dengan mengusung gerakan PAUD berkwalitas dan berkemajuan,

“Momentum peringatan 100 tahun merupakan momentum luar biasa bagi TK Aisyiyah untuk mewujudkan pendidikan anak usia dini yang berkualitas,” imbuhnya.

Camat Kalasan, Siti Anggraeni Susila Prapti, SH.MM yang hadir dalam acara mengapresiasi kegiatan peringatan 100 tahun TK ABA yang digelar Aisyiyah Cabang Kalasan,

“Acara hari ini acara yang luar biasa. Meskipun TK, KB, dan TPA nya berada di bawah Aisyiyah, tapi ini merupakan suatu hal yang perlu kita acungi jempol. TK TK ini bisa dikumpulkan sehingga anak anak bisa bertemu, berteman, kemudian bersosialisasi. Ini yang luar biasa,” tuturnya.

Menurutnya mengajarkan anak-anak untuk saling mengenal, kemudian saling berbagi, dan saling berkasih sayang, bisa menjadi modal penting bagi anak anak untuk hidup bersosial. Meski berkumpul hanya dengan senam, tapi menurutnya memiliki efeknya yang luar biasa kepada anak-anak,

“Nah, inilah suatu hal yang kedepan harus terus kita lakukan. Agar anak anak ke depannya ini menjadi anak anak generasi penerus bangsa yang berkualitas beretika dan bermoral tinggi,” tambah Siti Anggraeni.

Ia berharap, ke depannya untuk anak anak yang ada di kecamatan Kalasan harus mendapatkan apa yang menjadi haknya, pendidikan yang baik, lingkungan yang nyaman, kemudian pendampingan dan asuhan yang baik dari siapapun baik dari orangtua sekolah juga masyarakat,

“Karena Kecamatan Kalasan ini juga merupakan Kecamatan yang layak anak. Harapannya untuk Aisyiyah ke depan bahwa pendampingan pendampingan dari Aisyiyah untuk pendidikan ini luar biasa, sehingga perlu terus ditingkatkan,” harap Siti Anggraeni.

Acara senam bersama juga dihadiri jajaran Pimpinan Cabang Aisyiyah Kecamatan Kalasan, Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kecamatan Kalasan, Pengawas TK dan SD, Penilik PAUD, Kepala Dukuh Bayen, Forum PAUD, IGTKI, dan Himpaudi Kalasan. (rd2)

Redaktur: Fefin Dwi Setyawati

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.