Optimalkan Peran Kehumasan, Anggota Bawaslu Digembleng Jadi Seperti Wartawan

SLEMAN –  Badan Pengawas Pemilu  Daerah Istimewa Yogyakarta (Bawaslu DIY) menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peliputan dan Penulisan Berita. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari, Kamis (10/10/2019) dan Jumat (11/10/2019) di Innside Hotel, Jalan Ring Road Utara, Meguwo, Maguwoharjo, Depok, Sleman.

Kegiatan diikuti 30 orang peserta yang terdiri dari para Ketua Bawaslu di 5 Kabupaten/Kota, Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Kabupaten/Kota, Staf Bawaslu Bidang Humas, Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten/Kota, dan Internal Bawaslu DIY.

Bimtek menghadirkan Pemateri dari internal Bawaslu dan kalangan praktisi serta wartawan media massa. Diantaranya, Bagus Sarwono (Ketua Bawaslu DIY), Muh Amir Nashiruddin, S.H.I (Anggota Bawaslu DIY), Agus Muhammad Yasin, S.Sos (Anggota Bawaslu DIY), dan Sri Rahayu Werdiningsih, S.H (Anggota Bawaslu DIY). Sedangkan dari kalangan praktisi media dan jurnalis antara lain Pemred Jogjakartanews.com, Ja’faruddin dan owner mojok.co Puthut EA. Jalannya acara dipandu moderator Mugi Hartana, S.H dan Rheza Firmansyah, S.H .

Ketua Bawaslu DIY, Bagus Sarwono mengatakan, Bimtek dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kualitas kinerja kehumasan di linkungan Bawaslu se-DIY. Menurut Bagus, berkaitan dengan tugas Bawaslu yang merupakan badan publik yang melakukan Pengawasan Pemilu, maka Bawaslu perlu menyampaikan informasi hasil kinerja kepada publik dengan sebenar-benarnya,

“Oleh karenanya kinerja kehumasan Bawaslu perlu mengadopsi elemen-lemen jurnalistik, diantaranya Disiplin verifikasi. Disiplin verifikasi adalah ihwal yang memisahkan jurnalistik dari hiburan, propaganda, fiksi, atau seni. Hanya jurnalistik yang sejak awal berfokus untuk menceritakan apa yang terjadi setepat-tepatnya,” tuturnya disela-sela acara, Kamis (10/10/2019) malam.

Bagus berharap, dengan diselenggarakannya Bimtek, bidang kehumasan di lingkungan Bawaslu DIY bisa membuat pers rilis atau berita yang bisa dimuat di media massa,

“Dalam Bimtek ini, peserta diharapkan bisa mengetahui Kaidah Penulisan Berita dan Fotografi,  mengetahui Dasar-Dasar Jurnalistik, Ruang Lingkup Produk dan Kode Etik, Manajemen Pengelolaan Website Dalam Pemberitaan Lembaga, Teknik Penulisan Berita Online, Teknik Reportase, sertaTeknik Wawancara. Dengan demikian bisa menghasilkan berita yang layak dimuat di media massa,” harapnya.

Kegiatan Bimtek diisi dengan berbagai materi terkait jurnalistik oleh para narasumber yang hadir.

Salah saru pemateri, Ja’faruddin mengungkapkan, Bimtek yang diselenggarakan Bawaslu, relevan dengan tugas-tugas Bawaslu khususnya bidang kehumasan. Menurutnya tugas humas mirip dengan wartawan atau jurnalis yang bekerja di media massa, yaitu membuat informasi untuk disampaikan kepada khalayak,

“Hanya saja kalau humas terbatas membuat rilis untuk menginformasikan Lembaga atau institusinya dan Teknik penulisannya beda,” ujarnya.

Namun demikian, menurut Ja’far, sebenarnya rilis dari humas juga dibutuhkan media massa untuk menambah content berita, meski terkadang harus disesuaikan dengan teknik penulisan jurnalistik agar bisa dimuat,

“Alangkah baiknya jika humas di Bawaslu DIY ini bisa menulis rilis sesuai kaidah penulisan jurnalistik, sehingga tidak menyita waktu redaktur atau editor, sehingga bisa dipublikasikan di medianya agar dapat diakses publik yang lebih luas,” imbuhnya.

Sementara itu, salah satu peserta Bimtek, Koordinator Divisi Pengawasan, Humas dan Hubungan atar lembaga Bawaslu Kota Yogyakarta, Noor Harsya Aryo Samodro, S.Sn mengatakan Bimtek ini sangat bermanfaat, bagi anggota Bawaslu di daerah yang membidangi kehumasan.

“Dalam bimtek ini kita digembleng untuk bisa menulis seperti wartawan.  Mudah-mudahan ke depannya kami dalam membuat rilis berita semakin produktif, semakin meminimalisir kesalahan dalam penulisan, dan sesuai standar penulisan jurnalistik. Harapannya juga bisa dipublikasikan rekan-rekan di media massa agar kegitan, program dan tugas-tugas Bawaslu dapat diketahui secara luas sebagai pertanggungjawaban kami kepada publik,” pungkasnya. (rd2)

Redaktur: Fefin Dwi Setyawati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com