Kampung Sapen Bakal Jadi Kampung Inggris

YOGYAKARTA – Kampung Sapen, Kelurahan Demangan, Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta bakan menjadi Kampung yang berbahasa Inggris (‘Kampung Inggris’).

Gagasan tersebut mulanya dimunculkan Sekretaris Kampung Sapen, Antonius Fokki Ardiyanto S.IP. Usulan Fokki Anggota Komisi B DPRD Kota Yogyakarta tersebut sudah melalui dua kali pembahasan dalam  Rapat Kerja dengan Bagian P3ADK Perekonomian Pengembangan Pendapatan APBD dan Kerjasama Setda Kota Yogyakarta.

Akhirnya, gagasan Fokki tersebut ditindaklanjuti Pemerintah Kota Yogyakarta. Tim P3ADK melakukan kunjungan ke Kampung Sapen untuk pra survei awal terhadap kondisi subyektif dan obyektif dari Kampung Sapen menuju Kampung Inggris, Senin (19/11/2019).

Menurut Fokki, Kampung Sapen menjadi kampung Inggris merupakan upaya untuk mewujudkan trade mark pembangunan kampung dengan strategi gandeng gendong,

“Maka saya mengusulkan supaya dengan melihat arah potensi yang ada ingin mewujudkan Kampung Sapen menjadi Kampung Inggris,” kata Fokki seusai mendampingi Tim P3ADK.

Ia berharap dengan Sapen menjadi ‘Kampung Inggris’ maka juga akan meningkatkan perekonomian warga,

“Dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas SDM di wilayah Kampung Sapen dan ini juga sesuai dengan apa yang menjadi visi misi Walikota yaitu kampung sebagai pusat pertumbuhan ekonomi,” imbuh Fokki.

Selain Fokki, Tim Survei P3ADK juga didampingi dua tokoh pemuda Sapen, Slamet Santoso dan Bramantyo Asdi dalam melakukan jalan- jalan kampung. Warga Sapen, terutama Ibu Ibu sangat antusias mendengar rencana program tersebut.

Menurut Slamet, di Kampung Sapen banyak anak anak warga yang sangat membutuhkan kemampuan berbahasa asing, terutama Inggris. Di Kampung Sapen,kata dia, juga sudah ada dua rumah inggris yang dikelola swasta,

“Harapannya usaha rumah Inggris yang dikelola swasta tersebut dapat membaur menyatu dengan warga wilayah dalam mendukung keberadaan rencana mewujudkan Kampung Sapen menjadi Kampung Inggris,” harapnya.

“Di sisi lain warga juga mengharapkan CSR yang melekat di Lippo Mall, RS Siloam dan Hotel Saphir dapat mendukung untuk mewujudkan Kampung Sapen sebagai Kampung Inggris,” imbuh Bramantyo. (kt1)

Redaktur: Faisal

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com