Respon Cepat Pidato Presiden tentang Peningkatan SDM, Bapas Jogja Dirikan Perpustakaan Pegawai

Yogyakarta, Kamis (21/11), Sejalan dengan visi dan misi presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, tentang peningkatan kualitas manusia Indonesia, Balai Pemasyarakatan Kelas I Yogyakarta merespon cepat berinisiatif mendirikan perpustakaan khusus pegawainya.

Pembuatan perpustakaan ini merupakan salah satu langkah sederhana yang bisa segera dilaksakan. Perpustakaan ini bertujuan meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) pegawai Bapas Kelas I Yogyakarta dalam rangka membangun SDM yang dinamis, produktif, terampil, dan menguasai ilmu pengetahuan sehingga dapat berkinerja dengan lebih profesional.

Kepala Bapas Kelas I Yogyakarta, Muhammad Ali Syeh Banna mengatakan “Pidato Presiden tentang pemaparan visi dan misi tentang Peningkatan kualitas SDM merupakan semangat yang harus segera diimplementasikan, perpustakaan ini merupakan salah satu upaya cepat dalam menyikapi hal tersebut. ini merupakan langkah sederhana namun dapat berkontribusi besar dalam membangun SDM menuju Indonesia maju. Di samping itu, beberapa program yang dapat mendukung pembangunan SDM adalah program mentoring dan diskusi pegawai”.

Perpustakaan ini berisi buku-buku yang menunjang tugas pokok dan fungsi Balai Pemasyarakatan sebagai Unit Pelaksana Teknis Kementerian Hukum dan HAM untuk melayani masyarakat. Perpustakaan ini berisi berisi berbagai macam bacaan mulai dari dasar hukum yang berupa undang-undang Republik Indonesia, Peraturan Menteri, Keputusan Direktur Jenderal, hingga Surat Edaran. Selain itu berisi tentang buku-buku penunjang, meliputi buku pengembangan diri, motivasi diri, spiritual, dsb. Selain itu, perpustakaan ini juga akan terus berkembang dan diperbaharui baik dari sisi konten maupun tampilan.  “Perpustakaan ini nanti akan diisi buku-buku dari pegawai sepulang dari diklat, jadi pegawai lain juga bisa mendapatkan ilmu terbaru. Selain itu, seluruh pegawai juga diharapkan berkontribusi menyumbangkan bukunya di sini. Jadi perpustakaan ini akan tumbuh dan berkembang bersama para pegawai. “ ungkap Ali.

Perpustakaan ini terletak di salah satu sudut aula kantor Bapas Kelas I Yogyakarta. Pegawai Bapas Kelas I Yogyakarta menyambut positif hadirnya perpustakaan tersebut. Rana Agni Bukit, salah satu pegawai menyampaikan pendapatnya, “Berguna sekali ketika harus mencari referensi dalam memberikan rekomendasi dalam litmas (Penelitian Kemasyarakatan)”.

(bond)

 

Redaktur: Rara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.